Selasa, 06 Desember 2011

Silabus Sosiologi Kelas X

Agus Subandi,Drs.MBA

SILABUS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Program : X / Ilmu Sosial
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat


No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber / Bahan / Alat
Metode Bentuk

1.1


























1.2




























1.3
Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan.





















Mendiskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

























Mendiskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial .






















 Mendifinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode






 Mendiskripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial



 Mengidentifikasi data tentang realita sosial masyarakat






 Menjelaskan niilai dan norma.
 Membedakan nilai dan norma





 Menjelaskan peran nilai dan norma dalam masyarakat


 Mengklasifikasi kan kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.








 Mendifinisiikan interaksi sosial dan dinamika sosial







 Menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial.


 Menghubungan antara interaksi sosial dan keteraturan sosial.
• Sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat.





















• Nilai dan norma



























• Interaksi sosial dan dinamika
sosial .













 Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang konsep dasar dan metode sosiologi menurut para ahli.
 Secara kelompok mendiskusikan konsep dasar dan metode sosiologi

 Secara kelompok mendiskusikann masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari – hari
tentang hubungan berbagai konsep realitas sosial .

 Secara individu menggali informasi melalui media massa tentang realitas sosial masyarakat.
 Secara individu mengungkapkan kembali hasil temuannya tentang realita sosial.


 Secara individu menggali informasi tentang pengertian nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat
 Secara individu dapat membedakan antara nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat

 Secara kelompok mendiskusikan tentang peran nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyrakatat


 Secara kelompok berdiskusi tentang kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
 Merumuskan solusi dalam penanganan pelanggaran nilai dan norma





 Secara individu menggali informasi dari berbagai reverensi perpustakaan tentang interaksi sosial dan dinamika sosial
 Menyimpulkan temuan pustaka tentang interaksi sosial dan dinamika sosial


 Secara kelompok mendiskusikan kartu kasus yang sudah disiapkan guru.
 Secara klasikal merumuskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi dan dinamika sosial.


 Secara individu mengungkapkan pengalaman berinteraksi sosial dalam masyarakat.
 Secara individu menerapkan pola-pola interaksi untuk terbentuk keteraturan sosial.


Tugas indiv,

kelompok.





Tugas kelompok






Tugas individu


Ulangan





Tugas indufidu







Tugas kelompok




Tugas kelompok




Ulangan







Tugas individu









Tugas kelompok







Tugas
Individu

Tugas kelompok

Ulangan
Performan


Resume





Laporan diskusi






Performen dan kliping


Uraian





Fortofolio








Laporan singkat




Laporan singkat

Kuis


Uraian







Portofolio

Performan








Kuis








Performan


Laporan


PG dan Uraian singkat

4 jam








4 jam







2 jam



2 jam





4 jam








4 jam





2 jam





2 jam







4 jam










2 jam








2 jam


2 jam


2 jam

Sosiologi Jilid I, II, Paul B. Horton

Kamus Sosiologi


Pengantar sosiologi, Kamanto Sunarto,
FE U.I. 2000



Media Cetak / media elektronik .







Sosiologi pengantar Kamanto


Pengantar Sosiologi
Soerjono Soekamto .


Artikel dari koran dan internet


Gambar , Foto , CD

Masyarakat setempat .


Data instansi / lembaga.




Sosiologi 1, uatu pendekatan baru, Kusmono Hadi ,PT Piranti.,


Sosiologi 1 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi Yudhistira.



Sosiologi 1KBK, Janu M , Grafindo



SILABUS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Program : X / Ilmu Sosial
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi : Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian.


No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber / Bahan / Alat
Metode Bentuk

2.1






















2.2































2.3
















Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian.


















Mendiskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap – sikap anti sosial .



























Menerapkan aturan – aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat .













 Mendifinisiikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian .





 Menghubungkan pembentukan kepribadian dengan kebudayaan

 Mendiskripsikan hubungan sosialisasi dengan kepribadian .





 Mengidentifikasi-kan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna






 Mengklasifikasi jenis – jenis perilaku menyimpang

 Mendiskripsikan cara – cara untuk -menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang .









 Mengidentifikasi Jenis – jenis lembaga pengendalian social.





 Mendiskripsikan berbagai cara pengendalian social


















 Mendiskripsikan akibat tidak berfungsinya lembaga sosial .





 Mendifinisikan aturan – aturan
sosial dalam kehidupan masyarakat
.


• Sosialisasi dan pembentukan kepribadian



















• Perilaku menyimpang .






























• Aturan – aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat .
 Secara individu mengamati proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian di lingkungan terdekat.
 Secara individu menceritakan hasil pengamatan tentang proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.

 Secara kelompok mendiskusikan tentang pembentukan kepribadian dengan kebudayaan

 Secara kelompok mendiskusikan hubungan sosialisasi dengan pembentukan kepribadian.





 Secara individu menggali informasi melalui data – data kepustakaan dan media massa tentang prilaku menyimpang
 Secara individu mengamati perilaku menyimpang yang terjadi di masyarakat sekitar
 Secara individu megungkapkan kembali hasil pengamatan yang di dapat di masyarakat sekitar.


 Secara kelompok mendiskusikan jenis – jenis perilaku menyimpang

 Secara kelompok diskusi untuk menyimpulkan solusi yang tepat untuk menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang .










 Secara klasikal menggali informasi melalui kajian yang terjadi di masyarakat tentang pengendalian sosial
 Secara klasikal mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan tentang jenis-jenis lembaga pengendalian sosial yang ada di masyarakat.

 Secara kelompok menggali informasi melalui wawancara dengan guru BK, Kepala Sekolah, Pembina Kesiswaan tentang cara-cara pengendalian sosial
 Secara klasikal mendiskusikan peran guru BK, Kepala Sekolah, Pembina Kesiswaan dalam cara menangani kasus di sekolah.
 Bekerjasama antar siswa untuk menyimpulkan solusi yang paling tepat dalam cara pengendalian sosial yang terjadi di sekitar sekolah.






 Secara individu memberikan opini atau ulasan tentang akibat tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial.
 Secara klasikal melalui ulasan tentang tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial


 Secara individu melalui wawancara dengan RT, RW tentang aturan – aturan sosial dalam kehidupan masyrakat.
 Secara klasikal melalui ulasan tentang hasil wawancara melalui RT, RW tentang aturan-aturan sosial dalam kehidupan masyarakat.











Tugas individu








Tugas kelompok




Ulangan







Tugas individu










Tugas kelompok


Tugas kelompok


Ulangan










Tugas individu








Tugas
Indvidu/
Kelompok



















Tugas individu







Tugas individu



Ulangan
Lembar pangamatan

Performen






Laporan diskusi




PG dan Uraian






Performrn dan laporan hasil pengamatan








Laporan
Kuis


Laporan



PG dan Uraian









Resume
Performen








Portofolio

Laporan



















Performan
Resume







Performan
Laporan



PG dan Uraian
6 jam









4 jam





2 jam







6 jam











4 jam



2 jam



2 jam










2 jam









4 jam





















2 jam








2 jam




2 jam
Sosiologi 1, Suatu pendekatan baru, Kusmono Hadi Sosiologi 1 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi
Sosiologi 1 KBK, Janu M, Grafindo








Sosiologi 1, Suatu pendekatan baru, Kusmono Hadi, Piranti






Sosiologi 1 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi
Sosiologi 1 KBK, Janu M, Grafindo









Sosiologi pengantar Kamanto S

Sosiologi SMA Idiantoro
Airlangga


Sosiologi 1, Suatu pendekatan baru, Kusmono Hadi, Piranti
















Sosiologi 1, Suatu pendekatan baru, Kusmono Hadi Sosiologi 1 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi
Sosiologi 1 KBK, Janu M, Grafindo


SILABUS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Program : X1 / Ilmu Sosial
Semester : I (Satu)
Standar Kompetensi : Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial .


No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber / Bahan / Alat
Metode Bentuk

1.1










































1.2


























1.3











Mendiskripsikan bentuk – benruk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat .





































Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat .























Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.
 Mendiskripsikan
diferensiasi social
 Mendiskripsikan stratifikasi social



 Mengidentifikasi deferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis , agama dan jender.

 Mengidentifikasi macam-macam kriteria stratifi- kasi sosial di masyarakat.





 Mendiskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat.

 Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat








 Mengidentifikasi berbagai konflik dalam masyarakat








 Membedakan konflik dengan kekerasan



 Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat





 Membedakan jenis-jenis mobilitas sosial.
 Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial











 Mengidentifikasi
dampak mobilitas social


• Struktur social
Diferensiasi dan statifikasi sosial.







































• Konflik Sosial .

























• Hubungan antara srtuktur social dengan mobilitas social .



 Secara individu mengamati deferensisasi sosial dalam kehidupan masyarakat.
 Secara individu mengamati stratifikasi sosial dalam kehidupan masyarakat.

 Secara kelompok mendiskusikan diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama dan jender


 Secara kelompok mendiskusikan macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat.






 Secara klasikal mendiskusikan berbagai pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat



 Secara individu menggali informasi melalui pengamatan tentang konsolidasi dan interseksi yang ada di dalam masyarakat
 Secara individu mengklasifikasikan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat




 Secara kelompok mengkaji contoh kasus konflik yang terjadi di masyarakat
 Berdiskusi secara kelompok untuk mengklasifikasikan berbagai konflik dalam masyarakat





 Secara klasikal mendiskusikan konflik dan kekerasan
 Secara individu menyimpulkan hasil diskusi tentang konflik dan kekerasan.

 Secara klasikal mengkaji sebab-sebab terjadinya konflik di masyarakat
 Secara kelompk mensimulasikan sebab – sebab terjadinya konflik dalam masyarakat


 Secara klasikal mengamati Visual tentang hubungan struktur sosial dengan mobilitas sosial.
 Mendiskusikan secara kelompok tentang hasil pengamatan Visual.
 Menyimpulkan hasil diskusi dari visual tentang hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial






 Secara individu mengkaji dampak mobilitas sosial pada kehidupan masyarakat kota melalui visual yang ditayangkan.
 Secara individu mengungkapkan dalam bentuk tulisan tentang dampak mobilitas sosial.
















Tugas individu





Tugas kelompok




Tugas kelompok








Tugas kelompok





Tugas individu





Ulangan





Tugas kelompok










Tugas kelompok




Tugas kelompok



Ulangan



Tugas individu















Tugas idividu


Ulangan
Portofolio






Laporan tertulis




Laporan hasil diskusi







Laporan






Portofolio






PG dan Uraian




Laporan











Performen





Bermain peran



PG dan Uraian


Portofolio
















Portofolio



PG dan uraian singkat
4 jam






4 jam





4 jam









4 jam






2 jam






2 jam





6 jam











6 jam





4 jam




2 jam



10 jam
















4 jam



2 jam

Buku Yudhistira Kelas X




Buku Yudhistira Kelas XI













Buku Yudhistira Kelas X

Buku Yudhistira Kelas XI .







Buku Yudhistira Kelas X


Buku Yudhistira Kelas XI










Buku Yudhistira Kelas X

Buku Yudhistira Kelas XI








Buku Yudhistira Kelas X

Buku Yudhistira Kelas XI







SILABUS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Program : X1 / Ilmu Sosial
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi : menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural .


No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber / : Bahan / Alat
Metode Bentuk

2.1






















2.2



















2.3
Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.


















Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.















Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural .
 Mengidentifikasi ciri – ciri masyarakat .
multikultural.


 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terbentuknya masyarakat multikultural.











 Mendiskripsikan keaneka ragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur .






 Menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial

 Menjelaskan dengan contoh kasus keaneka -ragaman kelompok sosial.





• Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

















 Secara individu menggali informasi melalui studi kepustakaan dan media massa tentang masyarakat multikultural

 Secara kelompok merumuskan pengertian dan ciri-ciri masyarakat multikultural.














 Secara kelompok membuat tulisan melalui studi pustaka tentang keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur.
 Secara klasikal mendiskusikan hasil tulisan tentang keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur.


 Secara klasikal menguraikan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial



 Secara individu mengungkapkan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial.
 Secara individu mengemukakan gagasan dalam penangan kasus yang diakibatkan dari keanekaraman kelompok sosial.

Tugas individu dan kelompok



















Tugas kelompok










Tugas individu


Ulangan



Tugas individu



Ulangan
Performan






















Laporan











Portofolio



PG dan Uraian


Portofolio




PG dan uraian

4 jam





20 jam
















10 jam











5 jam



2 jam



14 jam




2 jam
Lauper Robert H 1989



Presfektif tentang perubahan sosial budaya













Sosiologi pengantar Kamanto S

Sosiologi SMA Idiantoro
Airlangga




Sosiologi 2 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi
Sosiologi 2 KBK, Janu M, Grafindo





SILABUS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Program : XII / Ilmu Sosial
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : Memahami dampak perubahan sosial .


No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber / : Bahan / Alat

Metode bentuk

1.1































1.2








Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat .





























Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat .





 Mendeskripsikan bentuk-bentuk perubahan sosial








 Memberikan contoh faktor pendorong
Perubahan sosial






 Mengidentifikasi faktor-faktor penghambat perubahan sosial







 Memberi contoh kasus dampak perubahan sosial







 Mengidentifikasi tantangan globalisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa.







 Mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa

• Perubahan sosial






























• Dampak perubahan sosial




 Secara individu mencari contoh kasus di masyarakat tentang perubahan sosial.
 Secara klasikal menggolongkan bentuk-bentuk perubahan sosial sesuai kasus yang di peroleh dari masyarakat



 Secara individu mencari contoh kasus tentang faktor pendorong perubahan sosial.
 Secara klasikal menguraikan tentang faktor pendorong perubahan sosial




 Secara individu mencari contoh kasus tentang faktor penghambat perubahan sosial.
 Secara klasikal menguraikan tentang faktor pennghambat perubahan sosial





 Secara individu melakukan pengamatan perkembangan IPTEK , pendidikan , sistem pemerintahan dll, sebagai dampak perubahan sosial.
 Secara klasikal menguraikan hasil pengamatan dari kasus dampak perubahan sosial.


 Secara kelompok mendiskusikan contoh – contoh globalisasi.
 Secara kelompok mengklasifikasi contoh-contoh globalisasi yang dapat mengancam eksistensi jati diri bangsa.





 Secara individu mengkaji kasus yang dapat menghambat terjadinya integrasi.
 Secara individu mengemukakan gagasan untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa melalui analisa kasus.
 Secara klasikal menyimpulkan cara-cara untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa.

















Tugas
Individu









Tugas individu








Tugas individu

Ulangan







Tugas individu








Tugas kelompok











Tugas individu




Ulangan
Uraian










Uraian









Uraian


PG dan Uraian






Portofolio









Laporan












Performan





PG dan Uraian

8 jam










6 jam









4 jam


2 jam







6 jam









4 jam












2 jam





2 jam
Sosiologi pengantar Kamanto








Sosiologi SMA Idiantoro
Airlangga






Sosiologi 2 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi
Sosiologi 2 KBK, Janu M, Grafindo

Sosiologi SMA Idiantoro
Airlangga






Sosiologi pengantar Kamanto


SILABUS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Program : XII / Ilmu Sosial
Semester : 1(Satu)
Standar Kompetensi : Memahami lembaga sosial .

No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber / : Bahan / alat

Metode Bentuk

1.1







1.2





1.3




Menjelaskan hakekat lembaga sosial .





Mengklasifikasi tipe– tipe lembaga sosial.



Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial .
 Menjelaskan pengertian lembaga sosial
 Menjelaskan proses pembentukan lembaga sosial

 Mengidentifikasi tipe– tipe lembaga sosial
 Menguraikan hubungan antar lembaga sosial
 Menguraikan peran dan fungsi lembaga keluarga, agama, pendidik- an, politik-ekonomi

• Lembaga sosial.
 Secara individu menggali informasi melalui data kepustakaan atau media massa tentang lembaga sosial.
 Secara individu menceritakan hasil pengamatan tentang pembentukan lembaga sosial.

 Secara kelompok melakukan kunjungan kelembaga politik (Parpol) dan ekonomi (Bank/koperasi)
 Secara kelompok mengungkapkan peran dan fungsi lembaga politik dan ekonomi yang dikunjungi.
Tugas individu






Tugas kelompok



Ulangan
Performan







Laporan kelompok



PG dan Uraian

8 jam







10 jam




2 jam

Sosiologi 1 Suatu pendekatan baru, Kusmono Hadi


Sosiologi 1 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi
Sosiologi 1 KBK, Janu M



SILABUS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Program : XII / Ilmu Sosial
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi : Mempraktikkan metode penelitian sosial .


No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber / : Bahan / alat
Metode Bentuk

1.1





1.2






1.3




Merancang metode penelitian sosial secara sederhana .



Melakukan penelitian sosial secara sederhana.




Mengkomonikasikan hasil penelitian sosial secara sederhana .
 Merumuskan rancangan penelitian sosial secara sederhana.


 Melaksanakan penelitian social secara sederhana.




 Membuat laporan penelitian social secara sederhana.
 Mempresentasikan hasil penelitian social secara sederhana.
• Penelitian sosial .







 Seacara kelompok mengidentifikasi kasus sosial budaya sebagai bahan penelitian.


 Secara kelompok merumuskan rancangan penelitian, metode, mengumpulkan dan pengolahan data hasil penelitian sosial.


 Secara kelompok membuat laporan hasil penelitian
 Secara kelompok mempresentasikan laporan hasil penelitian.

Tugas kelompok





Ulangan





Laporan dan presentasi




PG dan Uraian
34 jam






2 jam
Buku yang relevan dan internet

Metode penelitian , Suwarsini

Pengantar sosiologi, Komansi Sunarto,
FE U.I. 2000

Media Cetak

Hasil-hasil penelitian, skripsi, laporan, karya tulis, Tesis.
C O T O H
S I L A B U S





MATA PELAJARAN
SOSIOLOGI









DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAM MENENGAH
DIREKTORAT PEMBINAAN SMA
2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar