Selasa, 06 Desember 2011

Silabus Bahasa Arab Kelas XI

Agus Subandi,Drs.MBA

SILABUS

Nama Sekolah : SMA NEGERI 56 JAKARTA Program : Bahasa
Mata Pelajaran : Bahasa Arab Kelas : XI
Semester : 1


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian Alokasi
Waktu
(menit) Sumber Belajar
1 2 3 4 5 6 7 8
MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri dan kehidupan sekolah


.

1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat

Identitas Diri
Kehidupan Sekolah
• Huruf Hijaiyyah
ا ب ت ث ج . . .
• Wacana yang memuat kosa kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema, misalnya :
صباح الخير
كيف حالك ؟
من انت ؟
ما اسمك؟
الآن, انت فى المدرسة
انت تلميذ
هو استاذ


KD 1
• Menentukan huruf hijaiyah sesuai dengan bunyi yang didengar
• Melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan fasih
• Membedakan huruf-huruf hijaiyah yang memiliki makhraj yang hampir sama
• Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dengan makhraj yang tepat




• Mendengarkan bunyi huruf hijaiyah
• Menirukan bunyi huruf hijaiyah
• Menentukan huruf-huruf hijaiyah yang memiliki makhraj yang hampir sama
• Mempraktekkan bunyi-bunyi huruf hijaiyah yang memiliki kemiripan makhrajnya



Jenis :
Tugas individu Test : praktek
Ulangan harian


• Pengenalan huruf
18 x 45
• Identitas diri 8 x 45
• Kehidupan Sekolah
42 x 45




Buku
Yang memuat tema terkait, gambar dan kaset

1.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat

Qawaid:
الاسم :
الضمير المنفصلة : انا – انت – هو- هي - نحن - هم - هنّ – هما والاستفهام : ما – ماذا - أ مَن – هل – اين – كيف – متى - كم
حرف الجر : من، الى، على، فى ...
ظرف : فوق، تحت، جانب، امام، وراء...

Pola Kalimat
جملة اسمية
جملة فعلية
KD 2
• Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan
• Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan.
• Menentukan informasi rinci dari wacana lisan.

• Mendengarkan wacana lisan dengan menggunakan berbagai media (ucapan guru atau tape)
• Mendiskusikan isi wacana lisan
• Menuliskan isi wacana lisan secara umum
• Memaparkan isi wacana lisan secara umum




Tugas kelompok
BERBICARA
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri dan kehidupan sekolah
BERBICARA
2.1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun


2.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun dan tepat
KD 1
• Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
• Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
• Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks






KD 2
 Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
 Menjawab pertanyaan
sesuai konteks
• Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
• Melakukan percakapan sesuai konteks

Berbicara
• Mendengarkan wacana lisan
• Mengulangi/menirukan ujaran(kata/frasa/kalimat)
• Menjawab secara lisan mengenai isi wacana dengan tepat
• Menceritakan kembali isi wacana
• Bercerita sesuai tema


• Mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
• Menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
• Melakukan percakapan sederhana dengan teman sekelas/sebaya
• Mewawancarai teman dari kelas yang berbeda
• Menyampaikan/memaparkan data/hasil wawancara di depan kelas
• Bermain peran

Jenis :
Praktek (demonstrasi)
Ulangan harian








Jenis :
Tugas individu/ kelompok
Test : praktik
Bentuk : wawancara, bermain peran dan demonstrasi

MEMBACA
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri dan kehidupan sekolah













MEMBACA
3.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat

3.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana













3.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat


Membaca
KD 1
 Menentukan bentuk wacana tulis

 Menentukan tema wacana tulis

KD 2
 Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis.
 Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis
 Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
 Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
 Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
 Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
 Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis




KD 3
 Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
 Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat


• Mengenal bentuk wacana tulis
• Menentukan tema wacana tulis

 Membaca wacana tulis
 Membuat asosiogram tentang wacana yang dibaca dalam kerja kelompok
 Menentukan informasi umum
 Menentukan informasi tertentu dalam kerja kelompok
 Menyusun guntingan-guntingan kalimat menjadi wacana dalam kerja kelompok
 Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis


 Membaca wacana dengan nyaring di depan kelas
 Menyanyikan lagu dengan kosa kata sesuai tema (irama gundul gundul pacul)


Jenis:
Tugas kelompok
Bentuk:
Diskusi

Jenis :
Tugas kelompok Bentuk:
Diskusi
Test tulis
Bentuk:
Memilih dan menjawab
Ulangan harian










Jenis:
Tugas individu
Bentuk:
Membaca nyaring
Test praktek
MENULIS
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam
bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri dan kehidupan sekolah

MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat







4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat
Menulis
KD 1
 Menulis huruf hijaiyah sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Arab
 Merangkai atau menyambung huruf hijaiyah sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Arab
 Menentukan tanda baca dengan tepat
 Menulis kata-kata, frasa atau kalimat sesuai konteks

KD 2
 Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
 Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
 Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat



• Menulis huruf hijaiyah
• Merangkai huruf hijaiyah
• Menuliskan tanda baca pada kata-kata yang didiktekan guru
• Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru




• Melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia
• Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi sebuah paragraf
• Membuat cerita berdasarkan gambar
• Membuat wacana pendek sederhana sesuai tema.



Jenis:
Tugas individu
Test : tulis
Bentuk uraian terbatas
Ulangan harian






Jenis:
Tugas individu
Test: tulis
Bentuk uraian
Ulangan harian

Jakarta, ... Juni 2006

Mengetahui/menyetujui: Penyusun,
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Arab,



______________________ ______________________
NIP. NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar