Selasa, 06 Desember 2011

Silabus PKn Kelas X

Dorah Maezenawati,Dra

SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi :1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Alokasi waktu : 8 X 45 Menit

kOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
1.1 Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara






Bangsa dan negara
o Hakikat manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial


o Hakikat bangsa

o Unsur-unsur terbentuknya negara
- Rakyat
- Wilayah
- Pemerintah yang berdaulat
- Pengakuan dari negara lain

Mengkaji dari beberapa buku sumber tentang
kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.





Menganalisis berbagai buku sumber tentang pengertian bangsa dan unsur terbentuk-nya negara.
• Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial







• Menganalisis pengertian bangsa
• Menganalisis unsur-unsur terbentuknya Negara


o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)




2 x 45















• Darji Darmo-diharjo,SH.,Prof (1990), Pendi- diikan Pancasila di Pergu- ruan Tinggi, Malang: Penerbit IKIP Malang








1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan

o Hakikat negara
o Asal mula terjadinya negara
o Makna penting pengakuan suatu negara dari negara lain
o Bentuk- bentuk kenegaraan
Mengkaji informasi dari berbagai sumber tentang pengertian, asal mula terjadinya Negara

Mendiskusikan pentingnya pengakuan oleh negara lain dan bentuk-bentuk kenegaraan • Menganalisis pengertian Negara
• Mendeskripsikan asal mula terjdinya negara


• Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
• Menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
2 x 45
• Musthafa Kamal Pasha, Drs, B.Ed,(2002), Pendidikan Kewargane-garaan (Civics Educa-tion), Yogya-karta: Citra Karsa Mandiri.

1.3 Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
o Pengertian NKRI sesuai dengan UU yang berlaku
o Tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
Mengkaji dari berbagai buku sumber tentang pengertian, fungsi negara

Menganalisis teori tuuan negara dan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia

• Menguraikan pengertian dan fungsi negara





• Membandingkan berbagai teori tujuan Negara
• Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
2 x 45
• Tata negara Budianto, Yudhistira
1.4 Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
o Semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)
- Makna nasio-nalisme
- Makna patriotisme
o Tata cara penerapan patriotisme dalam kehidupan Mendiskusi semangat kebangsaan dan patriotisme dan nasionalisme Indonesia


Mengkaji berbagai literatur tentang macam-macam nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif terhadap patriotisme Indonesia

Menyimpulkan macam-macam nasionalisme dan contoh sikap patriotisme
• Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan


• Mendeskripsi macam- macam nasionalisme
• Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia
o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
2 x 45
• Nasionalisme sebuah kajian sejarah, makalah anhar gonggong, sarasehan antar generasi

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 2. Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional
Alokasi Waktu : 10 X 45 Menit

kOMPETENSI DASAR Materi Pembelajaran KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
2.1 Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional


Sistem hukum dan lembaga peradilan
o Pengertian hukum
o Tata hukum Indonesia
o Penggolongan hukum
o Sumber hukum
o Lembaga- lembaga peradilan Menganalisis berbagai buku sumber tentang pengertian sistem hukum dan penggolongan hukum.
Berdiskusi tentang sumber hukum, pengertian lembaga peradilan nasional dan dasar hukum lembaga peradilan nasional
• Mendeskripsikan pengertian hukum
• Menentukan macam-macam penggolongan Hukum


• Mendeskripsikan pengertian dan dasar hukum lembaga peradilan nasional


o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
2 x 45










Ilmu Negara, Soehino







2.2 Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan






Lembaga Peradilan

o Perangkat atau alat kelengkapan lembaga peradilan
o Klasifikasi lembaga peradilan
o Tingkatan lembaga peradilan
o Peranan atau tugas dan fungsi lembaga peradilan
Berdiskusi kelompok tentang perangkat lembaga peradilan

Berdiskusi kelompok tentang macam-macam lembaga peradilan dan peranan lembaga peradilan

• Menguraikan perangkat lembaga peradilan




• Menganalisis macam-macam lembaga peradilan
• Menganalisis peranan lembaga peradilan

o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi

2 x 45






UU kehakiman Republik Indonesia






2.3 Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku
Sikap yang sesuai dengan hukum
o Perbuatan-perbuatan yang sesuai dan yang bertentangan dengan hukum
o Contoh perbuatan yang melanggar hukum beserta sanksinya Berdiskusi tentang sikap taat pada hukum


Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum dan sanksinya
• Menunjukkan contoh sikap taat terhadap hukum




• Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentang dengan hukum
• Menganalisis macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku
o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
2 x 45 Berbagai media cetak dan elektronik
2.4 Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
Pemberantasan korupsi
o Pengertian Korupsi
o Dasar hukum pemberantas korupsi
o Klasifikasi perbuatan korupsi
o Kasus korupsi yang telah dikenakan sanksi
Mengkaji dari beberapa literatur dan sumber bacaan tentang aturan dan macam – macam perbuatan yang berkategori korupsi

Mengkaji media cetak tentang contoh pemberantasan korupsi di Indonesia
• Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi


• Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi


• Menunjukkan contoh macam-macam tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi







• Performance tes (tugas kelompok/ individu)
• Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
• Presentasi 2 x 45
Kumpulan naskah yang dikeluarkan oleh KPK

2.5 Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
Peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
o Macam- macam Gerakan atau organisasi anti korupsi
o Contoh peran serta masyarakat dalam pemberantasan tindak korupsi
o Sikap diri anti korupsi Menelaah berbagai literatur tentang korupsi tentang perbuatan sikap anti korupsi


Mendiskusikan tentang macam- macam perbuatan anti korupsi • Menunjukkan contoh sikap anti korupsi





• Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi
• Manampilkan sikap anti korupsi • Performance tes (tugas kelompok/ individu)
• Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
• Presentasi 2 x 45
Media cetak dan elektronik




Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM)
Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit
kOMPETENSI DASAR Materi Pembelajaran KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
3.1 Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM

pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
o Pengertian dan macam- macam HAM
o Upaya pemerintah dalam menegakan HAM
o Instrumen atau dasar hukum yang mengatur HAM
o Peran masyarakat dalam menegakan HAM
Menganalisis dari berbagai pustaka (buku paket dan sumber lain) tentang pengertian, macam- macam instrumen HAM

Mengkaji artikel tentang upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan pemerintah, individu dan masyarakat
• Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan pemerintah


• Menentukan instumen HAM nasional
• Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat
o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi 2 x 45








Fakih Mansour, Antonius M. Indrianto, Eko Prasetyo, (2003), Menegak
kan Keadilan dan Kemanu-siaan, Pogunglor C-145,Yogyakarta: Insist Press.

3.2 Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia


peran serta dalam penegakan HAM di Indonesia
o Proses pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
o Pelanggaran HAM dan penangganan kasus pelanggaran HAM
o contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia

Menganalisis berbagai sumber tentang proses penegakkan HAM, menentukan sikap, perilaku yang sesuai dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
Melalui pengamatan dapat mengilustrasikan dan menyimpulkan contoh perilaku dalam penegakkan HAM
• Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM



• Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran HAM
• Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia

o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi

2 x 45















UU HAM











3.3 Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM
instrumen hukum dan peradilan internasional HAM
o Instrumen HAM Internasional
o Kasus –kasus pelanggaran HAM internasional
o Proses dan sanksi pelanggaran HAM pada Peradilan Internasional
Mengkaji beberapa literatur dan sumber bacaan tentang instrumen hukum dan peradilan internasional HAM serta menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional


• Mendeskripsikan instrumen HAM internasional
• Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional
• Mendeskripsikan peradilan HAM internasional
o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
2 x 45



Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi
Alokasi Waktu : 10 X 45 Menit

kOMPETENSI DASAR Materi Pembelajaran KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
4.1 Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi

Dasar negara dan konstitusi
o Pengertian Dasar Negara dan Konstitusi Negara
o Tujuan dan Nilai konstitusi
o Keterkaitan Dasar negara dan konstitusi Menganalisis beberapa buku sumber tentang pe-ngertian dasar negara dan konsitusi.

Berdiskusi tentang keterkaitan antara dasar negara dengan konstitusi • Mendeskripsikan pengertian dasar negara
• Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara
• Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi

• Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara

o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi 4 x 45










J.C.T. Simo-rangkir, SH., Dr. (1986), Hukum dan Konstitusi Indonesia, Jakarta: PT: Gunung Agung.


4.2 Menganalisis substansi konstitusi negara
Substansi konstitusi negara
o Muatan konstitusi negara
o Klasifikasi konstitusi
o Implementasi dasar negara ke dalam konstitusi atau UUD 1945
Mengkaji beberapa buku sumber atau literatur tentang unsur-unsur konstitusi

menganalisis substansi konstitusi negara, ciri sebuah konstitusi dan konstitusi Indonesia
• Menguraikan unsur sebuah konstitusi
• Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu
• Menganalisis substansi konstitusi Indonesia
o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
Presentasi

2 x 45










Mimbar Demokrasi, jurnal ilmiah, juusan ilmu social politik, fakultas ilmu social, universitas negeri Jakarta, vol 5, no. 1 Oktober 2005

4.3 Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia

Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
o Pokok pikiran pembukaan UUD 1945
o Kedudukan Pembukaan dalam UUD 1945
o Makna setiap alinea dalam pembukaan
Menganalisis UUD 1945 tentang pokok pikiran, makna tiap alenia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945

Berdiskusi tentang kedudukan pembukaan terhadap UUD 1945
• Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
• Menguraikan makna tiap alenia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945

• Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945
o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
Presentasi
2 x 45











H. Dahlan Thaib Dr. dkk, (1999) Teori dan Hukum Kostitusi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta


4.4 Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara


Perkembangan konstitusi Indonesia
o Periode berlakunya konstitusi
o Fungsi dan tahapan perubahan UUD 1945
o Kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan
o Contoh perilaku positif terhadap konstitusi negara Mengkaji perubahan UUD 1945 tentang priodesasi konstitusi Indonesia

Mengkaji hasil perubahan UUD 1945 dapat menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi, dan bersikap positif terhadap konstitusi negara • Menunjukkan priodesasi konstitusi Indonesia





• Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi
• Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara
o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
Presentasi

2 x 45 Sekjen Mahkamah Konstitusi RI. 2005. UUD Negera Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta. Mahkamah Kostitusi Republik Indonesia





Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 5. Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit

kOMPETENSI DASAR Materi Pembelajaran KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
5.1 Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia





Warga negara dan pewarganegaraan
o Dasar hukum yang mengatur Warga negara
o Asas dan stesel dalam kewarganegaraan
o Syarat menjadi warga negara
o Hal yang menyebabkan kehilangan kewarganegaraan
Melalui kajian literatur tentang warga negara sesuai hukum yang berlaku


Berdiskusi berbagai kasus kewarganegaraan syarat menjadi warga negara, penyebab kehilangan kewarganegaraan dan asas kewarganegaraan

• Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945





• Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan
• Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum

o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
Presentasi

4 x 45












Aku warga negara Indonesia, CT. Kansil Jakarta, 1976

UU tentang Kewarga negaraan
5.2 Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara








persamaan kedudukan warga negara
o Landasan yang menjamin persamaan kedudukan warga negara
o Berbagai aspek persamaan kedudukan setiap warga negara
o contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara Melalui studi pustaka tentang kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara yang diatur dalam Undang-undang

mendiskusikan tentang perilaku yang mencerminkan pelaksanaan persamaan kedudukan yang diatur oleh UU yang berlaku
• Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
• Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara


• Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara


o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
2 x 45







5.3. Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan
o ras
o Agama
o Gender
o golongan,
o budaya, suku Mendiskusikan tentang persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku • Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku


• Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
2 x 45


Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 6. Menganalisis sistem politik di Indonesia
Alokasi Waktu : 12 X 45 Menit

kOMPETENSI DASAR Materi Pembelajaran KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
6.1 Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia







supra struktur dan infra struktur politik
o pengertian sistim politik Indonesia
o cara berpolitik melalui Suprastruktur politik atau lembaga formal negara
o Infrastruktur kelompok kekuatan politik dalam masyarakat
- partai politik
- kelompok kepentingan
- kelompok penekan
- media komunikasi politik
Mengkaji literatur tentang pengertian sistim politik Indonesia

Mendiskusikan tentang eksitensi supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia
• Menganalisis pengertian sistim politik Indonesia



• Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia
• mendeskripsikan infrastruktur politik


o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
Presenta

4 X 45










Civic education, Afan Gafar Universitas Islam Negeri
6.2 Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara





sistem politik Indonesia dan sistem politik di berbagai negara
o Dinamika politik Indonesia
o Pelaksanaan sistem politik di Indonesia
o Sistem politik di negara Liberal dan negara komunis Menganalisis berbagai sumber bacaan tentang dinamika politik Indonesia,


Membandingkan sistem politik Indonesia dengan yang berlaku di negara liberal dan komunis

• Menguraikan dinamika politik Indonesia




• Menunjukkan kelebihan dan kekurang sistim politik yang dianut Indonesia
• Mendeskripsikan perbedaan sistim politik Indonesia dengan negara liberal dan komunis


o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presenta
4 X 45









Buku yang relevan, media cetak dan media elektronik
6.3 Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia

peran serta dalam sistem politik di Indonesia
o Ciri masyarakat politik
o Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
o Contoh peranserta dalam system politik Menganalisis berbagai literatur tentang ciri-ciri masyarakat politik

Mendemontrasikan perilaku dan berperan aktif dalam sistem politik di Indonesia • Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat politik




• Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
• Berperan serta secara aktif dalam sistim politik di Indonesia • Performance tes (tugas kelompok/ individu)
• Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
• Presenta 4 X 45 Buku yang relevan, media cetak dan media elektronik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar