Selasa, 06 Desember 2011

Silabus PKn Kelas XI

Dorah Maezenawati, Dra

SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XI
Semester : 1
Program : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis budaya politik di Indonesia
Alokasi Waktu : 12x 45 ’
kOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
1.1 Mendeskripsikan pengertian budaya politik






Budaya Politik
o Pengertian Budaya Politik

o Macam-macam budaya politik


o Budaya politik yang berkembang dalam masyarakat
Menggali informasi dari berbagai sumber tentang pengertian budaya politik
Mencari informasi dari berbagai sumber tentang macam-macam budaya politik

Mengidentifikasikan budaya politik yang berkembang di daerahnya
• Mendeskripsikan pengertian budaya politik
• Mengidentifikasikan ciri-ciri budaya politik

• Mengidentifikasikan tentang macam-macam budaya politik

• Menjelaskan faktor penyebab berkembangnya budaya politik di daerahnya
• Menyimpulkan budaya politik yang berkembang di masyarakat
o Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi


2 X 45’









Pendidikan Kewarganegaraan: Demokrasi, hak asasi manusia, dan masyarakat madani. Tim ICCE UIN Jakarta. Dr Dede Rosyada. MA Prenada Media 2003

1.2 Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia



Tipe-tipe budaya politik
o Macam-macam tipologi budaya politik
o Perkembangan tipe budaya politik sejalan perkembangan sistem politik yang berlaku
Menggali informasi dari berbagai sumber tentang tipe-tipe politik yang berkembang di Indonesia
Mendiskusikan perkembangan tipe budaya politik sesuai dengan perkembangan sistem politik yang berlaku
• Mendeskripsikan tipe-tipe budaya politik
• Mendeskripsikan tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
• Menyimpulkan dampak perkembangan tipe politik sesuai dengan perkembangan sistem politik yang berlaku
o Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi 4 X 45’








Sistem politik Indonesia suatu pengantarRusadi Kantaprawira, Bandung 1999

1.3 Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik






Sosialisasi budaya politik
o Makna sosialisasi kesadaran poilitik
o Fungsi dan peranan partai politik
o Mekanisme sosialisasi budaya politik
Menggali informasi tentang makna kesadaran politik
Mendiskusikan tentang fungsi dan peranan partai politik
Mendiskusikan tentang mekanisme sosialisasi budaya politik


• Mendeskripsikan makna sosialisasi kesadaran politik

• Mengidentifikasikan fungsi partai politik

• Menguraikan mekanisme sosialisasi pengembangan budaya politik

o Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi

4 X 45’













Mass media baik cetak maupun elektronika
Buku Paket yang relevan




1.4 Menampilkan peran serta budaya politik partisipan budaya politik partisipan
o Bentuk- bentuk budaya politik partisipan
o Contoh perilaku berperan aktif dalam politik yang berkembang di masyarakat
Mendiskusikan peranserta masyarakat dalam pengembangan budaya politik yang sesuai dengan tata nilai budaya bangsa Indonesia

Mensimulasikan budaya politik partisipan di lingkungan sekolah • Memberikan contoh budaya politik parokial, kaula dan partisipan
• Menunjukkan budaya politik yang bertentangan dengan semangat pembangunan politik bangsa
• Memberikan contoh budaya politik partisipan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
• Mendemonstrasikan budaya politik partisipan di depan kelas

2 X 45’














Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XI
Semester : 1
Program Studi : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani
Alokasi Waktu : 12 x 45 ’
kOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
2.1 Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi











pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
o Macam- macam demokrasi

o Prinsip- prinsip demokrasi

o Pengertian Budaya demokrasi
o Prinsip- prinsip budaya demokrasi



Menggali informasi dari berbagai sumber tentang pengertian demokrasi

Menggali informasi dari berbagai sumber tentang prinsip-prinsip demokrasi
Mendiskusikan tentang makna budaya demokrasi
Menyimpulkan tentang prinsip budaya demokrasi



• Menjelaskan perbedaan antara demokrasi leberal, komunis dan demokrasi Pancasila

• Mendeskripsikan prinsip- prinsip demokrasi

• Menjelaskan makna budaya demokrasi
• Menjelaskan tentang prinsip budaya politik



o Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi









4 X 45’















Mimbar Demokrasi, jurnal ilmiah, juusan ilmu social politik, fakultas ilmu social, universitas negeri Jakarta, vol 5, no. 1 Oktober 2005








2.2 Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani








Masyarakat madani
o Pengertian masyarakat madani (civil society)
o Ciri-ciri masyarakat madani
o Proses menuju masyarakat madani ala Indonesia



Mencari informasi dari berbagai sumber tentang pengertian masyarakat madani
Mendiskusikan tentang ciri-ciri masyarakat madani
Mendiskusikan proses menuju masyarakat madani ala Indonesia




• Mendeskripsikan pengertian masyarakat madani
• Mengidentifikasikan ciri- ciri masyarakat madani
• Menjelaskan proses menuju masyarakat madani ala Indonesia
• Menguraikan kendala yang dihadapi bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat madani
• Menjelaskan upaya mengatasi kendala yang dihadapi bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat madani ala Indonesia • Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
• Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
• Presentasi




2 X 45’





























2.3 Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi










Demokrasi di Indonesia
o Prinsip- prinsip demokrasi Pansila
o Pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi
o Pemilihan Umum (Pemilu)
- Pengertian Pemilu
- tujuan pemilu
- Prinsip-prinsip dalam pelaksanaan Pemilihan umum



Menggali informasi dari berbagai sumber tentang prinsip-prinsip demokrasi Pancasila
Menggali informasi pelaksanaan demokrasi yang diterapkan di Indonesia sejak Orla, Orba dan orde reformasi

Menggali informasi dari berbagai sumber tentang pemilu di Indonesia
Mengalisis tentang pelaksanaan pemilu di Indonesia
Mensimulasikan pelaksanaan pilkada di daerahnya
• Menguraikan prinsip demokrasi Pancasila

• Membandingkan demokrasi yang diterapkan di Indonesia pada masa orla,orba dan orde reformasi

• Membandingkan pelaksanaan pemilu pada masa orla, orba maupun orde reformasi
• Mengidentifikasikan pelaksanaan pemilu pada masa orba dan reformasi
• Mendemostrasikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di daerahnya

o Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi



2 X 45’















Perkembangan sistem pemerintahan di Indonesia
Pengkianatan demokrasi ala Orde Baru











2.4 Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari

Perilaku yang mendukung terhadap tegaknya prinsip- prinsip demokrasi
Mendemonstrasikan budaya demokrasi dalam kehidupan di sekolah dan lingkungan masyarakat
• Mengidentifikasi perilaku budaya demokrasi
• Menunjukkan perilaku budaya demokrasi dalam lingkungan sekolah dan masyarakat
o Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)


4 X 45’
Kasus yang terjadi di masyarakat
Media cetak/elektronika

















Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XI
Semester : 1
Program Studi : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Alokasi Waktu : 10 x 45 ’

kOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
3.1 Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara














3.2 Menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan











Keterbukaan dan keadilan
o Pengertian keterbukaan dan keadilan




o Macam-macam keadilan



o Makna keterbu-kaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara


o Ciri-ciri keter-
o Bukaan




Penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
o Penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan


o Dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan




Mengkaji dari berbagai sumber tentang pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan

Menggali berbagai informasi tentang macam-macam keadilan
Mendiskusikan makna keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Menggali informasi tentang ciri-ciri keterbukaan




Mendiskusikan tentang penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan


Melakukan analisis tentang penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan



• Mendeskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan



• Mengidentifikasikan macam-macam keadilan

• Mendeskripsikan pentingnya keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara


• Mengidentifikasikan ciri-ciri keterbukaan




• Memberikan contoh penyelenggaran pemerintahan yang transparan
• Mendeskripsikan penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
• Mengidentifikasikan faktor penyebab terjadinya penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
• Menyimpulkan dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan


o Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi











o Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)






4 X 45’




























4 X 45’














Buku Paket PMP
Mass media baik cetak maupun elektronika
Kasus yang terjadi di masyarakat






















Buku Paket PMP
Mass media baik cetak maupun elektronika
Kasus yang terjadi di masyarakat






3.3 Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Sikap keterbukaan dan keadilan
o Bentuk sikap yang mencerminkan keterbukaan dan keadilan

o sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Menggali berbagai informasi baik cetak maupun elektronika tentang contoh sikap yang mencerminkan keterbukaan dan keadilan

Menganalisis tentang sikap keterbukaan dan keadilan di lingkungan masyarakat, sekolah maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara


• Mengidentifikasi sikap keterbukaan dan keadilan




• Memberikan contoh sikap keterbukaan dan keadilan di lingkungan sekolah, dan masyarakat
• Memberikan penilaian tentang sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

o Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)



2 x 45’





Mass media baik cetak maupun elektronika
Kasus yang terjadi di masyarakat





Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XI
Semester : 2
Program Studi : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional
Alokasi Waktu : 14 x 45’

kOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
4.1 Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara



Hubungan Internasional
o Pengertian hubungan internasional
o Pentingnya hubungan internasional bagi sustu negara
o sarana-sarana hubungan internasional




Menggali informasi dari berbagai sumber tentang pengertian hubungan internasional
Menganalisis tentang pentingnya hubungan internasional
Mengidentifikasikan sarana sarana hubungan internasional


• Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
• Mendeskripsikan dampak suatu negara yang mengucilkan diri pergaulan antarbangsa
• Menguraikan pentingnya hubungan internasional
• Mengidentifikasi sarana- sarana hubungan internasional


o Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)



4 X 45’









• J.G. Starke (2003),
Pengantar Hukum Internasional edisi kesepu-luh, Jakarta:
Sinar Grafika.




4.2 Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional






Perjanjian internasional
o Makna perjanjian internsional

o Istilah – istilah perjanjian internasional

o Tahap-tahap perjanjian internasional



Melakukan studi literatur tentantg perjanjian internasional

Menggali informasi tentang istilah-istilah dalam perjanjian internasional


Menganalisis tentang tahap-tahap perjanjian internasional

• Mendeskripsikan makna perjanjian internasional

• Menjelaskan macam- macam istilah perjanjian nasional

• Menguraikan tahapan perjanjian internasional
• Menjelaskan hal-hal penting dalam ratifikasi perjanjian internasional yang memerlukan persetuan DPR di Indonesia

o Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)



4 X 45











• Rebecca M.M. Wallace, Sweet & Maxwell, London penerje-mah: Bam-bang Aruma-nadi,SH.
MSc., (1993), Hukum Inter-nasional, Sema-rang: IKIP Sema-rang Press.
Lembar kegiatan Siswa



4.3 Menganalisis fungsi Perwakilan Diplomatik



Perwakilan Diplomatik
o Pengertian perwakilan diplomatik

o Tingkatan perwakilan diplomatik
o Perwakilan konsuler

Melakukan studi pustaka tentang pengertian perwakilan diplomatik

Menggali informasi tentang macam- macam Perwakilan Diplomatik

Menggali informasi tentang perwakilan konsuler

• Mendeskripsikan pengertian perwakilan diplomatik

• Menguraikan tingkatan perwakilan diplomatik


• Mengidentifikasikan perbedaan perwakilan diplomatik dengan perwakilan konsuler
o Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)



2 X 45









• Syuffri Yusuf, SH., (1989),
Hubungan Internasional dan Politik Luar Negeri Sebuah Analisis Teoritis dan uraian tentang Pelaksanaannya, Jakarta: CV. Muliasari



4.4 Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional




Organisasi Internasional
o Pengertian organisasi internasional

o Macam-macam organisasi internasional


o Peranan dan tujuan PBB


o Peranan dan tujuan ASEAN




Menggali informasi dari berbagai sumber tentang pengertian organisasi internasional
Melakukan studi literatur dari berbagai sumber tentang macam-macam organisasi internasional
Menggali informasi dari berbagai sumber tentang peranan dan tujuan PBB

Melakukan studi literatur tentang tujuan ASEAN



• Mendeskripsikan pengertian Organisasi internasional

• Mengidentifikasikan macam-macam organisasi internasional

• Menguraikan peranan dan tujuan organisasi internasional PBB

• Mendeskripsikan peranan Indonesia terhadap ASEAN
• Mengidentifikasikan peranan ASEAN bagi bangsa Indonesia
• Menjelaskan tujuan ASEAN

o Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)







2 X 45’

















Buku Tata Negara
Media elektronika








4.5 Menghargai kerja sama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia
Manfaat Kerja sama dan perjanjian internasional
o Bentuk-bentuk kerjasama dan perjanjian Indonesia dengan negara lain

o Hasil-hasil kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia
Menggali informasi berbagai sumber tentang bentuk bentuk kerjasama internasional

Mendiskusikan tentang hasil kerja sama internasional yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia


• Mengidentifikasi bentuk kerjasama indonesia dengan negara lain

• Menjelaskan manfaat kerjasama antar bangsa

• Memberikan contoh perjanjian internasional yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia
o Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
2 X 45’ Buku Paket yang relevan
Media cetak maupun elektronika




Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XI
Semester : 2
Program Studi : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
Standar Kompetensi : 5. Menganalisis sistem hukum dan peradilan internasional
Alokasi waktu : 12 x 45 ’

kOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
5.1 Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional












Hukum dan peradilan Internasional
o Konsep dasar hukum internasional
o Asas asas hukum inter-nasional
o Sumber-sumber hukum inter-nasional

o Subjek-subjek hukum inter-nasional


o lembaga peradilan Internasional








Melakukan kajian pustaka (beberapa buku sumber) tentang makna, asas, dan sumber hukum internasional.




Menggali informasi tentang subyek hukum internasional

Mendiskusikan peranan lembaga peradilan internasional








• Mengemukakan makna hukum internasional.
• Menjelaskan hakekat hukum internasional
• Menjelaskan asas-asas hukum internasional
• Mengidentifikasikan sumber-sumber hukum internasional

• Mengidentifikasikan subyek-sumbyek hukum internasional

• Mendeskripsikan peranan lembaga peradilan Internasional
• Mengidentifikasikan kewenangan Mahkamah Internasional
• Mendeskripsikan kendala yang dihadapi Mahkamah Internasional dalam memerankan sebagai lembaga peradilan internasional


o Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi





4 X 45’












• J.G. Starke (2003),
Pengantar Hukum Internasional edisi kesepu-luh, Jakarta:
Sinar Grafika.


• Rebecca M.M. Wallace, Sweet & Maxwell, London penerje-mah: Bam-bang Aruma-nadi,SH.
MSc., (1993), Hukum Inter-nasional, Sema-rang: IKIP Sema-rang Press.
Lembar kegiatan Siswa



5.2 Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional










Sengketa Internasional
o Sebab-sebab sengketa internasional


o Cara menyele-saikan masalah-masalah (sengketa) internasional
- Jasa-jasa baik
- Konsiliasi
- Komisi Penye-lidik
- Pewasitan (Arbitrasi)
Mahkamah Internasiona

Melakukan analisis tentang faktor penyebab timbulnya sengketa internasional.

Menggali informasi berbagai sumber tentang cara penyelesaian sengketa internasional



• Mengidentifikasi penyebab timbulnya sengketa internasional

• Mengidentifikasikan Cara menyelesaikan masalah-masalah (sengketa) internasional
• Memberikan contoh penyelesaian masalah internasional melalui arbitrase
• Memebrikan contoh penyelesaian masalah internasional melalui konsiliasi

o Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)





4 X 45’














• Syuffri Yusuf, SH., (1989),
Hubungan Internasional dan Politik Luar Negeri Sebuah Analisis Teoritis dan uraian tentang Pelaksanaannya, Jakarta: CV. Muliasari






5.3 Menghargai putusan Mahkamah Internasional
Mahkamah Internasional
o Mekanisme kerja Mahkamah Internasional

o Keputusan Mahkamah Internasional
Menggali informasi tentang prosedur Mahkamah Internasional penyelesaian masalah internasional

Menggali informasi tentang keputusan Mahkamah Internasional • Mendeskripsikan prosedur Mahkamah Internasional dalam penyelesaian masalah internasional
• Mengidentifikasikan sistematika keputusan Mahkamah Internasional
• Menjelaskan dampak suatu Negara yang tidak mematuhi keputusan Mahkamah Internasional
• Mendeskripsikan contoh sikap Negara yang mematuhi keputusan Mahkamah Internasional • Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
• Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
4 X 45’
Boer Mauna Hukum Internasional
Buku Paket yang relevan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar