Selasa, 06 Desember 2011

Silabus Ekonomi Kelas X, XI, XII

Agus Subandi,Drs.MBA
SILABUS

Nama Sekolah : SMA ....................
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Program : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
Alokasi : 10 x 45 menit

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia













1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas















1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi





1.4 Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain




1.5 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi Kebutuhan Manusia
• Pengertian Kebutuhan
• Macam-macam kebutuhan

















Berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
• Pengertian kelangkaan
• Faktor penyebab kelangkaan
 Pengalokasian sumber daya ekonomi.













Masalah Pokok Ekonomi
• Barang apa yang diproduksi.
• Bagaimana cara memproduksi.
• Untuk siapa barang diproduksi.




Biaya peluang.
• Pengertian biaya peluang.
• Contoh biaya peluang pada kesempatan kerja.






Sistem Ekonomi
• Pengertian sistem eknomi
• Macam-macam sistem ekonomi
• Kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi.
• Cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut.


• Mencari informasi tentang pengertian kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
• Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah setempat.
• Mendiskusikan kebutuhan manusia di daerah setempat yang paling dominan.
• Mengklasifikasikan jenis kebutuhan berdasarkan tingkatan kebutuhan.









• Menggali informasi tentang kelangkaan.
• Mendiskusikan faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya.
• Mengidentifikasi berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas melalui studi pustaka di daerah setempat dan sekitarnya.
• Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan kebutuhan.



• Mengidentifikasi barang-barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi melalui studi lapangan di suatu daerah.






• Mengkaji referensi tentang permasalah ekonomi untuk menemukan konsep biaya peluang.
• Mendiskusikan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain.


• Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi






• Mengidentifikasi sistem ekonomi yang ada dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui studi lapangan


 Mendeskripsikan pengengertian kebutuhan.


 Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia.



















 Mendeskripsikan pengertian kelangkaan
 Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan
 Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.











 Mengidentifikasi barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi.








• Mendeskripsikan pengertian biaya peluang.
• Menunjukan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain.






• Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi






• Mengidentifikasi sistem ekonomi yang ada dan cara memecahkan masalah ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi).
Jenis Tagihan: Kuis, pertanyaan lisan, ulangan, Tugas Individu, Tugas Kelompok
Bentuk Tagihan: Pilihan ganda, uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas, jawaban singkat. 3x 45 menit




















2x 45 menit



























1x 45 menit













2x 45 menit











2x 45 menit

Refrensi yang relevan
pada sumber bahan.


SILABUS

Nama Sekolah : SMA ................................
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Program : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen
Alokasi : 8 x 45 menit

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
2.1 Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi









2.2 Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram










2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen Perilaku konsumen dan produsen
• Manfaat dan nilai suatu barang
• Perilaku konsumen
• Perilaku produsen








Arus lingkaran kegiatan ekonomi
• Diagram interaksi pelaku ekonomi. (Circulair Flow Diagram)

• Manfaat interaksi pelaku ekonomi






Pelaku Ekonomi


 Membahas manfaat dan nilai suatu barang
 Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen melalui studi pustaka










 Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram).

• Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi manfaat circular flow diagram bagi pengambil kebijakan ekonomi.


 Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui studi pustaka
 Menunjukan contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui diskusi di kelas.



 Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
 Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen
 Mendeskripsikan teori perilaku konsumen (Tabel dan grafik)
 Mendeskripsikan teori perilaku produsen (Tabel dan grafik)




• Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram)

 Mengidentifikasi manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.





 Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).

• Memberi contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri). Jenis Tagihan: Kuis, pertanyaan lisan, ulangan, responsi, laporan kerja praktik, Tugas Individu, Tugas Kelompok
Bentuk Tagihan; Pilihan ganda, uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas, menjodohkan, performance, portofolio, jawaban singkat,
3x45 menit
















2x45 menit
















3x45 menit
Refrensi yang relevan
pada sumber bahan.




SILABUS

Nama Sekolah : SMA ...........................
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Program : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar
Alokasi : 12 x 45 menit
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
3.1 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran












3.2 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya






3.3 Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan





























3.4 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang




3.5 Mendeskripsikan pasar input
Permintaan dan Penawaran
• Pengertian Permintaan dan kurva permintaan.
• Faktor yang mempengaruhi permintaan.
• Pengertian penawaran dan kurva penawaran
• Faktor yang mempengaruhi penawaran






Hukum Permintaan dan Penawaran











Harga Keseimbangan
• Fungsi permintaan dan penawaran.
• Kurva permintaan dan penawaran.



• Pengertian elastisitas dan macam-macamnya.
• Menentukan Elastisitas permintaan dan penawaran





• Pengertian Harga dan output Keseimbangan
• Menentukan harga dan output keseimbangan
• Pergeseran titik keseimbangan












Pasar Barang
• Pengertian pasar barang
• Bentuk-bentuk Pasar barang (pasar output)




Pasar Input
• Pasar Input (Pasar faktor produksi)

• Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran melalui studi pustaka.
• Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran terhadap barang (misal : telur menjelang hari raya).

• Menggambar kurva permintaan dan penawaran dari satu daftar transaksi ( misal : telur menjelang hari raya).


• Menemukan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya melalui pengkajian referensi.
• Menunjukan penerapan hukum permintaan dan penawaran terhadap barang dalam kehidupan di masyarakat (misal : jeruk pontianak).


• Menemukan fungsi permintaan dan penawaran melalui pencermatan kurva permintaan dan penawaran terhadap barang (misal jeruk pontianak).

• Mengkaji referensi untuk merumuskan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas (misal : barang-barang elektronik dan barang kebutuhan pokok ).





• Memberi contoh proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dari suatu transaksi jual beli.
• Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis.
• Menentukan elastisitas permintaan dan penawaran melalui pengkajian referensi.
• Menentukan harga dan output keseimbangan dengan menggunakan tabel, dan grafik

• Mendeskripsikan pengertian dan bentuk pasar barang melalui kajian referensi




• Merumuskan pasar input melalui kajian referensi
• Mencari berbagai bentuk pasar melalui studi lapangan.

 Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran.
 Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.

 Menggambar kurva permintaan dan penawaran.









 Mendeskripsikan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi-asumsinya
 Memberikan contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran dalam kehidupan di masyarakat.



 Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output dalam keadaan keseimbangan.



 Mendeskripsikan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas.
 Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis
 Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dan menggambar-kan grafiknya.
 Menghitung harga dan output dalam keadaan keseimbangan













 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar output (pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna).



 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar input
Jenis Tagihan: Kuis, pertanyaan lisan, ulangan, laporan kerja praktik, Tugas Individu, Tugas Kelompok
Bentuk Tagihan; Pilihan ganda, uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas, portofolio, jawaban singkat,

2x45 menit




















1x45 menit













5 x 45 menit













































2 x 45 menit








2 x 45 menit

Refrensi yang relevan
pada sumber bahan.


SILABUS

Nama Sekolah : SMA ........................
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Program : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi
Alokasi : 6 x 45 menit
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
4.1 Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro











4.2 Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi Ekonomi Mikro dan Makro
• Pengertian Ekonomi mikro
dan Ekonomi makro
• Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro












Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
• Kemiskinan
• Pemerataan pendapatan




• Mendeskripsikan pengertian
Ekonomi Mikro dan Makro melalui kajian referensi.
• Mendiskusikan Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro di kelas
• Menunjukan contoh dimasyarakat tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro dalam diskusi.
• Menyimpulkan hasil diskusi tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro

• Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui observasi lingkungan siswa. (kemiskinan,pemerataan pendapatan).
• Memecahkan Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi dalam diskusi.
• Mengkomunikasikan hasil diskusi.

• Mendeskripsikan pengertian Ekonomi Mikro dan Makro

• Mendeskripsikan perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro

• Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro (misal usaha industri kecil) dan ekonomi makro (misal inflasi, pendapatan nasional dll)


• Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi (kemiskinan,pemerataan pendapatan).

• Memecahkan Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.


Jenis Tagihan: pertanyaan lisan, ulangan, laporan kerja praktik, Tugas Individu, Tugas Kelompok

Bentuk Tagihan: uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas, 4 x 45 menit




















2x45 menit



Refrensi yang relevan
pada sumber bahan.






SILABUS

Nama Sekolah : SMA ..................
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Program : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN)
Alokasi : 8 x 45 menit
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
5.1 Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN










5.2 Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional

















5.3 Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain





5.4 Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi Pendapatan Nasional
• Pengertian Pendapatan nasional
 konsep PDB, PDRB, PNB, PN(NNI), PI, dan DI
 Cara penghitungan pendapatan nasional



Perhitungan pendapatan nasional
 Manfaat perhitungan Pendapatan Nasional



 Menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran









PDB dan pendapatan perkapita
 Membandingkan PDB dan Pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain.



Inflasi
• Pengertian inflasi.
• Sebab dan cara mengatasi inflasi.
• Dampak inflasi











Indeks Harga
• Indeks Harga Konsumen dan Produsen
• Menghitung inflasi dengan indeks harga








 Merumuskan pengertian PDB, PDRB, PNB, PN(NNI), PI, Pendapatan Disposibel (DI), melalui pengkajian referensi
 Menghitung Pendapatan perkapita berdasarkan data BPS







 Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional dengan mengkaji sumber referensi di kelas

 Menunjukan perbedaan metode perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan produksi , pendapatan, dan pengeluaran melalui pengkajian referensi.












 Mengkaji referensi untuk membandingkan PDB dan Pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain.




• Mengkaji referensi tentang inflasi.
• Mengidentifikasi sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara mengatasinya melalui pengkajian referensi.
• Mengumpulkan informasi terhadap pegawai negeri dan swasta di lingkungan sekitar siswa untuk mengetahui dampak inflasi yang mereka alami.

• Mencari data tentang perkembangan harga kebutuhan pokok di lingkungan siswa, dan menghitung inflasi dengan indeks harga produsen dan konsumen



 Mendeskripsikan konsep PDB, PNB, PNN, PI, Pendapatan Disposibel (disposible income)

 Menghitung Pendapatan Per Kapita.







 Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional


 Menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran
 Membedakan metode perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan, produksi dan pengeluaran.




 Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain.




 Mendeskripsikan pengertian inflasi.
 Mengidentifikasi sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara mengatasinya
 Mengumpulkan informasi terhadap pegawai negeri dan swasta untuk mengetahui dampak inflasi .




• Mendeskripsikan indeks harga konsumen dan produsen

• Menghitung inflasi dengan indeks harga produsen dan konsumen.

Jenis Tagihan: pertanyaan lisan, ulangan, Tugas Individu, Tugas Kelompok
Bentuk Tagihan; Pilihan ganda, uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas.
















2 x 45 menit

















1x45 menit

























2 x 45 menit











3 x 45 menit

Refrensi yang relevan
pada sumber bahan.



SILABUS

Nama Sekolah : SMA ..................
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Program : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsumsi dan investasi
Alokasi : 10 x 45 menit
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
6.1 Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan






6.2 Mendeskripsikan kurva permintaan investasi Penerapan fungsi matematika dalam ekonomi
 Fungsi Konsumsi
 Fungsi Tabungan






 Kurva Permintaan Investasi


 Mengkaji referensi untuk menentukan harga, out put keseimbangan, laba / rugi dan produksi optimum dengan fungsi matematis dan dan menggunakan tabel dan grafik.

 Mengkaji referensi tentang kurva permintaan investasi


• Menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya
• Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya


• Memberi contoh beberapa penggunaan fungsi matematis dan statistik dalam analisis ekonomi

Jenis Tagihan: ulangan, laporan individu atau kelompok
Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas. 6 x 45 menit











4 x 45 menit
Refrensi yang relevan
pada sumber bahan.
SILABUS

Nama Sekolah : SMA ...................
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Program : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 7. Memahami uang dan perbankan
Alokasi : 8 x 45 menit

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
7.1 Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang






7.2 Membedakan peran bank umum dan bank sentral













7.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter Permintaan dan penawaran uang
 Pengertian Permintaan dan Penawaran Uang
 Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang


Bank
 Pengertian Bank
 Peran bank umum dan bank sentral
 Lembaga Keuangan Bukan Bank




 Kredit.








Kebijakan pemerintah di bidang moneter
 Kebijakan moneter. • Mendeskripsikan pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang melalui kajian referensi






• Mendiskusikan jenis, fungsi, serta cara memanfaatkan produk bank dan lembaga keuangan lainnya dalam kehidupan sehari-hari melalui kajian referensi/studi lapangan.


• Mengkaji referensi tentang pengertian kredit, persyaratan yang harus dimiliki calon penerima kredit, kebaikan kredit dan keburukan kredit.

• Merumuskan kebijakan moneter dengan mengkaji sumber bahan


 Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran uang
 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang





• Menguraikan fungsi bank sentral, bank umum, bank syariah dan bank perkreditan rakyat.
• Mengidentifikasi cara-cara memanfaatkan produk Bank dalam kehidupan sehari-hari.
• Mendeskripsikan konsep kredit.
• Menguraikan persyaratan yang harus dimiliki calon penerima kredit ( 5 C).


• Menentukan pengaruh jumlah uang beredar terhadap tingkat harga
• Mendeskripsikan kebijakan moneter Jenis Tagihan: ulangan, laporan kerja praktik, Tugas Individu, Tugas Kelompok
Bentuk Tagihan; Pilihan ganda, uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas, portofolio. 2x 45 menit












4x 45 menit




















2x45 menit



Sumber bahan :
A. Boediono. (1990), Ekonomi mikro, Yogyakarta: BPFE
B. Hadjam, Adnan.(1984). Pengantar ekonomi mikro dan soal-soal latihan, Yogyakarta: BPFE.
C. Samuelson, Paul A. & Nordhaus, Willam D. (1985). Economics, New York: McGraw-Hill Book Company.
D. Sudarman, Ari, (1996). Teori ekonomi mikro, Jilid I, Yogyakarta: BPFE.
E. Ace Partadiredja. (1985). Pengantar ekonomika. Yogyakarta: BPFE
F. Danoewikarsa D. (1977). Tanya-jawab tentang koperasi. Jakarta: Departemen Koperasi.
G. Dornbusch, R. and Fischer, S, (1992). Macroeconomics. (Terjemahan), Jakarta: Erlangga.
H. Dumairy, (1996). Matematika terapan untuk bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: BPFE.
I. Irawan dan Suparmoko, M.,(1981). Ekonomi pembangunan. Yogyakarta: BPFE.
J. Lindert, Peter H and Kindleberger, Charles P, (1986). International economics. (Terjemahan), Jakarta: Erlangga.
K. Naisbitt, John (1994). Global Paradox (alih bahasa: Budijanto), Jakarta: Binarupa Aksara
L. Nopirin, (1999). Ekonomi internasional. Yogyakarta: BPFE.
M. Soediyono, R., (1987). Ekonomi internasional: Pengantar lalu-lintas pembayaran internasional. Yogyakarta: Liberty.
N. Sukirno, Sadono, (1985). Ekonomi pembangunan: proses, masalah, dan dasar kebijaksanaan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
O. Bank Indonesia, sebuah pengantar, Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan, Agustus 2004
P. Undang-undang Republik Indonesia nomor 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2004
SILABUS

Nama Sekolah : SMA .............
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi
Alokasi Waktu : 20 x 45 menit
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
1.1 Mengklasifikasi ketenagakerjaan














1.2 Mendeskripsikan tujuan pembangunan ekonomi
















1.3 Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi







1.4 Mendeskripsikan pengangguran beserta dampaknya terhadap pembangunan nasional Ketenagakerjaan
• Pengertian angkatan kerja, tenaga kerja, kesempatan kerja dan pengangguran
• Upaya peningkatan kualitas kerja
• Sistem upah
• Jenis-jenis pengangguran dan sebab-sebabnya.
• Dampak dan cara mengatasi pengangguran




Pembangunan Ekonomi.
• Arti dan tujuan pembangunan ekonomi.
• Faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi
• Keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi













Pertumbuhan Ekonomi.
• Arti pertumbuhan ekonomi
• Teori pertumbuhan ekonomi
• Laju pertumbuhan ekonomi


Dampak pengangguran terhadap Pembangunan Ekonomi

• Mengkaji referensi untuk mendeskripsikan angkatan kerja, tenaga kerja, kesempatan kerja dan pengangguran di perpustakaan
• Mendiskusikan upaya peningkatan kualitas kerja, sistem upah dan mencari penyebab serta mengatasi pengangguran di kelas.











• Mendeskripsikan pengertian dan tujuan pembangunan ekonomi melalui pengkajian referensi di kelas.
• Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi pembanunan ekonomi
• Mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi
• Menarik kesimpulan secara sederhana tujuan pembangunan ekonomi Indonesia







• Mengkaji referensi perpustakaan
untuk mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi




 Menghitung laju pertumbuhan ekonomi menggunakan data BPS.

• Mengkaji dampak pengangguran terhadap Pembangunan Ekonomi melalui observasi


 Mendeskripsikan angkatan kerja, tenaga kerja, dan kesempatan kerja.
 Membedakan angkatan kerja, tenaga kerja, dan kesempatan kerja.
 Mendeskripsikan pengangguran.
 Mengidentifikasi jenis-jenis pengangguran dan sebab-sebabnya.
• Mendeskripsikan cara-cara mengatasi masalah pengangguran.




• Mendeskripsikan pengertian dan tujuan pembangunan ekonomi
• Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi
• Mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi










 Mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi.
 Mendeskripsikan teori pertumbuhan ekonomi


 Menghitung laju pertumbuhan ekonomi


 Mengidentifikasi dampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomi yang dialami di Indonesia Jenis Tagihan: pertanyaan lisan, ulangan, Tugas Individu, Tugas Kelompok
Bentuk Tagihan; Pilihan ganda, uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas.
8 x 45 menit





















4x45 menit

























4 x 45 menit











4 x 45 menit








Refrensi yang relevan
pada sumber bahan.



SILABUS

Nama Sekolah : SMA ..............
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami APBN dan APBD
Alokasi Waktu : 14 x 45 menit
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
2.1 Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD


2.2 Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah




2.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal









2.4 Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah

APBN dan APBD
• pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD

Sumber APBN dan APBD
• Sumber APBN
• Sumber APBD
• Pengaruh APBN dan APBD terhadap perekonomian



Kebijakan Fiskal
• Arti kebijakan fiskal
• Kebijakan fiskal
• Perpajakan
• pajak dan pungutan resmi lainnya
• Menghitung pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan.





Pengeluaran Pemerintah
• pengeluaran pemerintah pusat
• pemerintah daerah
• Perbedaan pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah

• Merumuskan arti, fungsi dan tujuan APBN dan APBD melalui pengkajian refrensi


• Menunjukan sumber-sumber pendapatan negara dan daerah melalui pengkajian referensi di kelas
• Mengidentifikasi pengaruh APBN dan APBD terhadap perekonomian melalui pengkajian refrensi.



• Mengkaji refrensi tentang pajak untuk merumuskan pengertian pajak dan fungsinya
• Mengidentifikasi pajak dan pungutan resmi lainnya sebagai sumber pendapatan negara dan daerah melalui referensi
• Menghitung pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan dengan data yang nyata.


 Mengkaji referensi tentang pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah


 Menguraikan arti, fungsi dan tujuan APBN dan APBD.


 Mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan daerah.
 Menguraikan pengaruh APBN dan APBD terhadap perekonomian.



• Mendeskripsikan pengertian pajak dan fungsinya

• Mengidentifikasi pajak dan pungutan resmi lainnya sebagai sumber pendapatan negara dan daerah.
• Menghitung pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan.



 Menunjukan jenis pembelanjaan pemerintah pusat dan daerah.
 Mendeskripsikan kebijakan anggaran
Jenis Tagihan: Kuis, responsi, Tugas Individu, Tugas Kelompok
Bentuk Tagihan; Pilihan ganda, uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas, jawaban singkat, 2 x 45 menit





4 x 45 menit










6 x 45 menit














2 x 45 menit















Refrensi yang relevan
pada sumber bahan.


SILABUS

Nama Sekolah : SMA .....................
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 3. Mengenal Pasar modal
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
3.1 Mengenal jenis produk dalam bursa efek




3.2 Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek Pasar Modal
• Pengertian Pasar Modal
• Jenis Produk Bursa Efek




Mekanisme Kerja Bursa Efek
• Mengkaji referensi tentang Pasar Modal
• Mengkaji Jenis Produk Pasar Modal melalui kunjungan, mendatangkan nara sumber atau mendownload dari internet

• Mensimulasikan mekanisme Pasar Modal
• Mengkaji referensi tentang Pasar Modal

• Mendeskripsikan konsep pasar Modal
• Mendeskripsikan jenis produk dalam pasar modal



• Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek
• Membedakan pasar modal dengan pasar uang
Jenis Tagihan: responsi, laporan kerja praktik, Tugas Individu, Tugas Kelompok
Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas. 4 x 45 menit








6 x 45 menit


Refrensi yang relevan
pada sumber bahan.






SILABUS

Nama Sekolah : SMA ......................
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 4. Memahami perekonomian terbuka
Alokasi Waktu : 18 x 45 menit
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
4.1 Mengidentifikasi manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional













4.2 Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing, dan neraca pembayaran


























4.3 Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping




4.4 Menjelaskan pengertian devisa, fungsi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya Perdagangan Internasional
• Ekspor Impor
• Keunggulan absolut dan keunggulan komparatif







• Kebijakan perdagangan international








Kurs Valuta Asing
• Mengkaji referensi untuk mendeskripsikan sebab-sebab terjadinya perubahan nilai tukar rupiah terhadap valuta asing.

• Menghitung nilai tukar suatu valuta berdasarkan kurs yang berlaku dengan mengkaji referensi di kelas.

Neraca Pembayaran
• Pengertian neraca pembayaran
• Komponen neraca pembayaran





• Neraca pembayaran surplus dan defisit





• Kebaikan dan keburukan utang luar negeri



Konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping


Devisa
• Pengertian devisa, fungsi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya
• alat-alat pembayaran internasional

• Mengidentifikasikan pengertian, manfaat, dan faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional dengan pengkajian referensi di kelas.
• Membedakan keunggulan absolut dan keunggulan komparatif dengan pengkajian referensi di kelas.
• Mengidentifikasi kebijakan pemerintah di bidang perdagangan internasional melalui pengkajian referensi di perpustakaan





• Mengkaji referensi untuk mendeskripsikan sebab-sebab terjadinya perubahan nilai tukar rupiah terhadap valuta asing.







• Menghitung nilai tukar suatu valuta berdasarkan kurs yang berlaku dengan mengkaji referensi di kelas.





 Mengkaji referensi untuk mendeskripsikan neraca pembayaran.





• Mendeskripsikan neraca pembayaran defisit, surplus dan seimbang serta dampaknya terhadap perekonomian suatu negara melalui pengkajian referensi di kelas.

• Mendiskusikan kebaikan dan keburukan utang luar negeri bagi Indonesia



• Mendeskripsikan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping melalui studi lapangan






• Mengkaji referensi untuk mendeskripsikan tentang devisa.


• Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi alat-alat pembayaran internasional.



 Mendeskripsikan pengertian perdagangan internasional
 Menguraikan konsep keunggulan absolut (mutlak) dan keunggulan komparatif.
 Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional
 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang perdagangan internasional






• Mengidentifikasi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya.
• Mengidentifikasi alat-alat pembayaran internasional.
• Menguraikan sebab-sebab terjadinya perubahan nilai tukar rupiah terhadap valuta asing
• Menghitung nilai tukar suatu valuta berdasarkan kurs yang berlaku.





• Mendeskripsikan konsep neraca pembayaran
• Mengelompokkan komponen-komponen neraca pembayaran dan neraca perdagangan








• Menguraikan kebaikan dan keburukan utang luar negeri bagi Indonesia


• Mendeskripsikan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping





• Mendeskripsikan pengertian dan fungsi devisa.


• Mengidentifikasi alat-alat pembayaran internasional

Jenis Tagihan: Kuis, pertanyaan lisan, ulangan,
Bentuk Tagihan; Pilihan ganda, uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas. 6 x 45 menit






















6 x 45 menit










































2 x 45 menit









2 x 45 menit Refrensi yang relevan
pada sumber bahan.


SILABUS

Nama Sekolah : SMA ......................
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Program : XI
Semester : 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
Alokasi Waktu : 64 x 45 menit
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
5.1 Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi













5.2 Menafsirkan persamaan akuntansi

5.3 Mencatat transaksi berdasarkan mekanisme debit dan kredit


5.4 Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum

5.5 Melakukan posting dari jurnal ke buku besar


5.6 Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan jasa








5.7 Menyusun laporan keuangan perusahaan jasa Sistem Informasi
• Definisi Akuntansi
• Kualitas informasi akuntansi
• Proses kegiatan akuntansi
• Beberapa pemakai informasi akuntansi
• Karakteristik pemakai informasi akuntansi
• Kegunaan informasi akuntansi.
• Bidang – bidang akuntansi
• Profesi akuntan
• Etika profesi akuntan



Persamaan Akuntansi


Analisa Debit/kredit






Jurnal Umum




Posting




Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa
• Tahap Pencatatan
• Tahap Pengikhtisaran
• Tahap Pelaporan








Laporan Keuangan
• Laporan R/L
• Laporan Perubahan Ekuitas
• Neraca
• Laporan Arus Kas
• Menyimpulkan akuntansi sebagai sistem informasi dengan mengkaji berbagai sumber.
• Mengidentifikasi sifat, tujuan, dan fungsi laporan keuangan dengan mengkaji sumber bahan dan SAK.
• Mengkaji referensi dan mempresentasikan proses akuntansi.
• Mengidentifikasi manfaat / kegunaan informasi akuntansi bagi pemakainya dengan mengkaji sumber bahan
• Mengidentifikasi etika profesi akuntansi dengan mengkaji sumber bahan


• Mengkaji referensi untuk menerapkan persamaan akutansi.

• Mengidentifikasi dokumen sumber dengan mengkaji sumber bahan.




• Mendiskusikan hubungan fungsional tiap rekening dalam jurnal umum dengan mengkaji sumber bahan

• Mengkaji referensi untuk memindahbukukan (posting) jurnal ke buku besar.

• Menerapkan tahapan pencatatan transaksi perusahaan jasa dengan mengkaji sumber bahan.
• Menerapkan tahap pengikhtisaran transaksi pada perusahaan jasa dengan mengkaji sumber bahan.
• Menerapkan tahap pelaporan transaksi pada perusahaan jasa dengan mengkaji sumber bahan.

• Menerapkan tahap pelaporan transaksi pada perusahaan jasa dengan mengkaji sumber bahan .
• Menyusun kliping tentang laporan keuangan dari koran, majalah, internet dll

• Praktik menyusun laporan keuangan secara lengkap
(pencarian bukti transaksi, analiisis transaksi, jurnal, posting ke buku besar, jurnal penyesuaian, kertas kerja, laporan keuangan)
 Mendefinisikan pengertian dasar akuntansi.
 Merumuskan kualitas informasi akuntansi.
 Menjelaskan proses akuntansi dan kualitas informasi akuntansi.
 Mengidentifikasi kegunaan informasi akuntansi bagi masing-masing pemakai.
 Mengidentifikasi macam - macam bidang spesialisasi akuntansi.
 Mengidentifikasi etika profesi akuntan.


 Menerapkan rumus persamaan akuntansi dan aturan Debit/Kredit
 Menafsirkan definisi perusahaan jasa.
 Menganalisis bukti transaksi keuangan/bukti pencatatan.

 Menjurnal transaksi keuangan.



 Memindahbukukan (posting) jurnal ke buku besar.


• Menyusun daftar sisa/neraca sisa.
• Menyusun Jurnal Penyesuaian
• Menyusun Kertas Kerja








• Menyusun Laporan Keuangan







• Praktik menyusun laporan keuangan secara lengkap



Jenis Tagihan: ulangan, laporan kerja praktik, Tugas Individu, Tugas Kelompok
Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas. 4 x 45 menit






















4 x 45 menit

4 x 45 menit





8 x 45 menit



8 x 45 menit



20 x 45 menit













20 x 45 menit















Refrensi yang relevan
pada sumber bahan.

Sumber bahan :
A. Boediono. (1990), Ekonomi mikro, Yogyakarta: BPFE
B. Hadjam, Adnan.(1984). Pengantar ekonomi mikro dan soal-soal latihan, Yogyakarta: BPFE.
C. Samuelson, Paul A. & Nordhaus, Willam D. (1985). Economics, New York: McGraw-Hill Book Company.
D. Sudarman, Ari, (1996). Teori ekonomi mikro, Jilid I, Yogyakarta: BPFE.
E. Ace Partadiredja. (1985). Pengantar ekonomika. Yogyakarta: BPFE
F. Danoewikarsa D. (1977). Tanya-jawab tentang koperasi. Jakarta: Departemen Koperasi.
G. Dornbusch, R. and Fischer, S, (1992). Macroeconomics. (Terjemahan), Jakarta: Erlangga.
H. Dumairy, (1996). Matematika terapan untuk bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: BPFE.
I. Irawan dan Suparmoko, M.,(1981). Ekonomi pembangunan. Yogyakarta: BPFE.
J. Lindert, Peter H and Kindleberger, Charles P, (1986). International economics. (Terjemahan), Jakarta: Erlangga.
K. Naisbitt, John (1994). Global Paradox (alih bahasa: Budijanto), Jakarta: Binarupa Aksara
L. Nopirin, (1999). Ekonomi internasional. Yogyakarta: BPFE.
M. Soediyono, R., (1987). Ekonomi internasional: Pengantar lalu-lintas pembayaran internasional. Yogyakarta: Liberty.
N. Sukirno, Sadono, (1985). Ekonomi pembangunan: proses, masalah, dan dasar kebijaksanaan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
O. Atep Adya Barata (1988) Akuntansi Keuangan Lanjutan .Bandung: Armico
P. Belkaoui, Ahmed (1981). Accounting Theory. New York:John Willey & Sons.
Q. Hendriksen. (1982). Accounting Theory, New Jersey : Englewood Cliffs, Inc.
R. Ikatan Akuntan Indonesia (2002), Standar Akuntansi Keuangan, Per April 2002 Jakarta: Salemba Empat.
S. Liah Barliah dan Nono Supriatna, tanpa tahun . Modul 06: Akuntansi Koperasi dan Analisis Kuantitatif, Tanpa Kota: Tanpa Penerbit.
T. Mamduh Hanafi dan Abdul Halim (2000). Analisis Laporan Keuangan Yogyakarta: UPP AMP YKPN
U. Munawir ( 1995). Analisi Laporan Keuangan, Yogyakarta: Lyberty
V. Soemarso S, R. 1990 . Akuntansi suatu pengantar. Edisi keempat. Buku 1, Jakarta: Rineka Cipta
W. Soemarso S, R. 1990 . Akuntansi suatu pengantar. Edisi keempat. Buku 1, Jakarta: Rineka Cipta
X. Suwardjono, (1991). Akuntansi Pengantar, Yogyakarta: BPFE
Y. Zaki Baridwan (1984). Intermediate Accounting, Yogyakarta:BPFE
Z. Z.A. Moechtar (1988) Dasar dasar Akuntansi, Surabaya: Institut Dagang Muchtar
AA. Lembar kerja siswa
BB. Badan Pengawas Pasar Modal, 1997, “Panduan reksa Dana”, Bapepam, Jakarta
CC. Badan Pengawas Pasar Modal, 2000, “ Cetak Biru Pasar Modal Indonesia”, Bapepam, Jakarta
DD. Damodaran, Aswath, 1996, “ Investment Valuation : Tolls and Techniques for determinating the value of any asset”, Universsity edition, John Wiley and Sons, New York.
EE. Elton, EJ., and Gruber,M.J., 1991, “ Modern Portofolio Theory and Investment Analysis”’ John Wiley and Sons
FF. Gritman, L.J., and Joehn, M.D., 1996, “Fundamental of Investing”, Sixth Edition, Harper Collins College Pblishers, New York.
GG. Harianto, Farid, dan Sudomo, Siswanto., 1998 “ Perangkat dan Teknik Analisis Investasi”, Bursa efek Jakarta, Jakarta
HH. John, C.P., 1994, “ Investmen Analysis and Management”, John Wiley and Sons, New York.
II. Purba, Victor, 2000, “ Perkembangan dan Struktur Pasar Modal Indonesia Menuju Era AFTA 2003”, Edisi Pertama, Badan Penerbit Fakultas Hukum Universitas Indonesia.
JJ. Reuters, 1999, “ An Introduction to Derivatives”, John Wiley and Sons, New, Singapore.
KK. Suta, I Putu Ary, 2000, “ Menuju Pasar Modal Modern”, Yayasan SAD Satria Bhakti, Jakarta.
LL. Usman, Marzuki, 1998, “ Buku Panduan Indeks BEJ”, Devisi Risert dan Pengembangan PT. Bursa Efek Jakarta, Jakarta.
MM. Bank Indonesia, sebuah pengantar, Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan, Agustus 2004
NN. Undang-undang Republik Indonesia nomor 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2004
OO. Bursa Efek Jakarta : www.bej.co.id
PP. Laboratorium IPS
SILABUS

Nama Sekolah : SMA ..................
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Program : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
Alokasi Waktu : 36 x 45 menit
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
1.1 Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus







1.2 Melakukan posting dari jurnal khusus ke buku besar

1.3 Menghitung harga pokok penjualan

1.4 Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang









1.5 Menyusun laporan keuangan perusahaan dagang Jurnal Khusus
• Jurnal Penjualan
• Jurnal Pembelian
• Jurnal Penerimaan Kas
• Jurnal Pengeluaran Kas
• Jurnal Umum





• Posting




• Harga Pokok Penjualan


Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
• Tahap Pencatatan
• Tahap Pengikhtisaran
• Tahap Pelaporan











• Laporan keuangan
• Mengnafsirkan definisi dan ciri-ciri perusahaan dagang melalui diskusi di kelas.
• Mendiskusikan pengklasifikasian akun-akun khusus dan pada perusahaan dagang di kelas.
• Menerapkan tahapan pencatatan transaksi perusahaan dagang dengan mengkaji sumber bahan.


• Melakukan pemindahbukuan (posting) jurnal ke buku besar dengan mengkaji sumber bahan

• Menghitung harga pokok penjualan dengan mengkaji sumber bahan.

• Menerapkan tahap pengikhtisaran transaksi pada perusahaan dagang dengan mengkaji sumber bahan.

• Menerapkan tahap pelaporan transaksi pada perusahaan dagang dengan mengkaji sumber bahan.








• Menerapkan tahap pelaporan transaksi pada perusahaan dagang dengan mengkaji sumber bahan
• Menyusun laporan keuangan berdasarkan hasil observasi perusahaan dagang di lingkungan siswa.
 Menafsirkan definisi perusahaan dagang.
 Mengklasifikasikan akun-akun khusus yang dijumpai pada perusahaan dagang.
 Mencatat transaksi ke jurnal khusus.
 Mencatat transaksi keuangan ke dalam buku besar pembantu.


 Memindahbukukan (posting) jurnal khusus ke buku besar.


• Menghitung harga pokok penjualan


 Menyusun daftar sisa/neraca sisa
 Membuat jurnal penyesuaian.
 Membuat kertas kerja perusahaan dagang.
 Membuat jurnal penutup.
 Memindahbukukan (posting) jurnal penyesuaian dan jurnal penutup ke buku besar.
 Menyusun neraca sisa setelah penutupan.
 Membuat jurnal pembalik.

• Menyusun Laporan Keuangan
• Menghitung harga pokok penjualan (harga perolehan).
• Menyusun laporan keuangan (Laporan Laba/Rugi, Laporan Equitas, Neraca).
Jenis Tagihan: ulangan, laporan kerja praktik, Tugas Individu, Tugas Kelompok
Bentuk Tagihan; Pilihan ganda, uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas, portofolio,
10 x 45 menit











4 x 45 menit



4 x 45 menit



12 x 45 menit
















6 x 45 menit
Refrensi yang relevan
pada sumber bahan.


SILABUS

Nama Sekolah : SMA .........................
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Program : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : 2. Mamahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang
Alokasi Waktu : 30 x 45 menit
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
2.1 Membuat jurnal penutupan
2.2 Melakukan posting jurnal penutupan ke buku besar
2.3 Membuat neraca saldo setelah penutupan buku
Jurnal Penutup


Menutup Buku Besar


Neraca Saldo Setelah Penutupan
• Membuat neraca saldo setelah penutupan dari jurnal penutup yang telah diposting.





• Praktik menyusun laporan keuangan secara lengkap (pencarian bukti transaksi, analiisis transaksi, jurnal, posting ke buku besar, jurnal penyesuaian, kertas kerja, laporan keuangan)
• Membuat neraca saldo estela penutupan






• Praktik menyusun laporan keuangan secara lengkap


Jenis Tagihan: Kuis, pertanyaan lisan, ulangan, responsi, laporan kerja praktik, Tugas Individu, Tugas Kelompok
Bentuk Tagihan; Pilihan ganda, uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas, menjodohkan, performance, portofolio, jawaban singkat, 6 x 45 menit


4 x 45 menit




20x45 menit Refrensi yang relevan
pada sumber bahan.



SILABUS

Nama Sekolah : SMA ...................
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Program : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : 3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional
Alokasi Waktu : 18 x 45 menit
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
3.1 Menjelaskan unsur-unsur manajemen


3.2 Menjelaskan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha

3.3 Mendeskripsikan peran badan usaha dalam perekonomian Indonesia Manajemen
• Pengertian manajemen
• Tingkat-tingkat manajemen


• Fungsi Manajemen

• bidang manajemen





Peran badan usaha dalam perekonomian Indonesia
• Bentuk badan usaha(BUMN, BUMS, Koperasi dan Asing).
• Peran badan usaha
• Kelebihan dan kekurangan badan usaha.

• Mengkaji referensi untuk mendeskripsikan pengertian, tingkat-tingkat, prinsip dan fungsi manajemen di kelas.


• Mendiskusikan bidang-bidang manajemen di kelas.
• Membuat struktur organisasi sekolah melalui observasi.




• Mendiskusikan bentuk, peran, kebaikan dan keburukan badan usaha melalui studi pustaka.
• Melakukan kunjungan ke suatu perusahaan/oberservasi di lingkungan/studi pustaka.
• Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi BUMN dan BUMD dan Koperasi terhadap peningkatan kemakmuran rakyat Indonesia umumnya dan daerah setempat khususnya.
• Mendeskripsikan konsep manajemen.
• Membedakan tingkat-tingkat manajemen.


• Mendeskripsikan prinsip dan fungsi manajemen
• Mendeskripsikan bidang-bidang manajemen.




• Mengidentifikasi bentuk-bentuk Badan Usaha (BUMN, BUMS, Koperasi dan Asing).
• Mengidentifikasi peran badan usaha masing-masing dalam perekonomian Indonesia.
• Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan badan usaha.


Jenis Tagihan: Kuis, ulangan, Tugas Individu, Tugas Kelompok
Bentuk Tagihan; Pilihan ganda, uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas. 4 x 45 menit





4 x 45 menit






10 x 45 menit









Refrensi yang relevan
pada sumber bahan.















SILABUS

Nama Sekolah : SMA ....................
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Program : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan
Alokasi Waktu : 36 x 45 menit

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
4.1 Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi dan koperasi sekolah






4.2 Menghitung pembagian sisa hasil usaha




4.3 Mendeskripsikan peran dan jiwa kewirausahaan
Koperasi
• Pengertian Koperasi
• Prinsip dasar, peran, kekuatan dan kelemahan koperasi
• Cara-cara mendirikan koperasi sekolah




Sisa Hasil Usaha
• Tahap pelaporan Akuntansi Koperasi
• Menghitung Sisa Hasil Usaha (SHU)
• Pembagian SHU



Kewirausahaan
• Pengertian dan peranan wirausaha
• Ciri-ciri dan persyaratan menjadi wirausaha.
• Bidang usaha bagi wirausaha.

• Mengkaji referensi untuk mendeskripsikan prinsip dasar, peran, kekuatan dan kelemahan koperasi dalam peningkatan kemakmuran rakyat Indonesia.
• Mendiskusikan kelemahan-kelemahan koperasi dan cara mengatasinya.
• Simulasi mendirikan koperasi sekolah.



• Menerapkan tahap pelaporan transaksi pada koperasi dengan mengkaji referensi
• Menyusun laporan Perhitungan Sisa Hasil Usaha an pembagiannya menggunakan data keuangan koperasi sekolah.

• Mendeskripsikan konsep, peran wirausaha melalui pengkajian referensi di perpustakaan.
• Mendiskusikan sektor-sektor usaha bagi wirausaha.
• secara berkelompok atau individu melakukan penelitian sederhana dilingkungan setempat untuk mengetahui keberhasilan atau kegagalan wirausaha.
• secara berkelompok atau individu melakukan praktek wirausaha secara sederhana melalui koperasi sekolah/sejenisnya untuk menerapkan sikap dan jiwa wirausaha

• Mendeskripsikan pentingnya koperasi sekolah
• Memilih jenis barang yang diusahakan koperasi sekolah
• Mengelola koperasi sekolah.
• Peduli terhadap manfaat koperasi bagi kesejahtera-an anggotanya.
• Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan koperasi.


 Menyusun Tahap pelaporan Akuntansi Koperasi
 Menyusun laporan perhitungan Sisa Hasil Usaha (SHU).
 Membuat pembagian SHU.


• Mendeskripsikan konsep wirausaha.
• Mengidentifikasi peran wirausaha dalam perekonomian nasional.
• Menunjukan sektor-sektor yang dapat dimasuki wirausaha (sektor formal dan informal).
• Melakukan penelitian sederhana terhadap keberhasilan atau kegagalan wirausaha dilingkungan setempat.
• Menetapkan alternatif kombinasi sumber daya ekonomi di lingkungan setempat.
• Menerapkan sikap dan jiwa wirausaha.
Jenis Tagihan: pertanyaan lisan, responsi, laporan kerja praktik, Tugas Individu, Tugas Kelompok
Bentuk Tagihan; Pilihan ganda, uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas, portofolio. 10 x 45 menit














16 x 45 menit









10 x 45 menit Refrensi yang relevan
pada sumber bahan.
Sumber bahan :
A. Boediono. (1990), Ekonomi mikro, Yogyakarta: BPFE
B. Hadjam, Adnan.(1984). Pengantar ekonomi mikro dan soal-soal latihan, Yogyakarta: BPFE.
C. Samuelson, Paul A. & Nordhaus, Willam D. (1985). Economics, New York: McGraw-Hill Book Company.
D. Sudarman, Ari, (1996). Teori ekonomi mikro, Jilid I, Yogyakarta: BPFE.
E. Ace Partadiredja. (1985). Pengantar ekonomika. Yogyakarta: BPFE
F. Danoewikarsa D. (1977). Tanya-jawab tentang koperasi. Jakarta: Departemen Koperasi.
G. Dornbusch, R. and Fischer, S, (1992). Macroeconomics. (Terjemahan), Jakarta: Erlangga.
H. Dumairy, (1996). Matematika terapan untuk bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: BPFE.
I. Irawan dan Suparmoko, M.,(1981). Ekonomi pembangunan. Yogyakarta: BPFE.
J. Lindert, Peter H and Kindleberger, Charles P, (1986). International economics. (Terjemahan), Jakarta: Erlangga.
K. Naisbitt, John (1994). Global Paradox (alih bahasa: Budijanto), Jakarta: Binarupa Aksara
L. Nopirin, (1999). Ekonomi internasional. Yogyakarta: BPFE.
M. Soediyono, R., (1987). Ekonomi internasional: Pengantar lalu-lintas pembayaran internasional. Yogyakarta: Liberty.
N. Sukirno, Sadono, (1985). Ekonomi pembangunan: proses, masalah, dan dasar kebijaksanaan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
O. Atep Adya Barata (1988) Akuntansi Keuangan Lanjutan .Bandung: Armico
P. Belkaoui, Ahmed (1981). Accounting Theory. New York:John Willey & Sons.
Q. Hendriksen. (1982). Accounting Theory, New Jersey : Englewood Cliffs, Inc.
R. Ikatan Akuntan Indonesia (2002), Standar Akuntansi Keuangan, Per April 2002 Jakarta: Salemba Empat.
S. Liah Barliah dan Nono Supriatna, tanpa tahun . Modul 06: Akuntansi Koperasi dan Analisis Kuantitatif, Tanpa Kota: Tanpa Penerbit.
T. Mamduh Hanafi dan Abdul Halim (2000). Analisis Laporan Keuangan Yogyakarta: UPP AMP YKPN
U. Munawir ( 1995). Analisi Laporan Keuangan, Yogyakarta: Lyberty
V. Soemarso S, R. 1990 . Akuntansi suatu pengantar. Edisi keempat. Buku 1, Jakarta: Rineka Cipta
W. Soemarso S, R. 1990 . Akuntansi suatu pengantar. Edisi keempat. Buku 1, Jakarta: Rineka Cipta
X. Suwardjono, (1991). Akuntansi Pengantar, Yogyakarta: BPFE
Y. Zaki Baridwan (1984). Intermediate Accounting, Yogyakarta:BPFE
Z. Z.A. Moechtar (1988) Dasar dasar Akuntansi, Surabaya: Institut Dagang Muchtar
AA. Lembar kerja siswa
BB. Badan Pengawas Pasar Modal, 1997, “Panduan reksa Dana”, Bapepam, Jakarta
CC. Badan Pengawas Pasar Modal, 2000, “ Cetak Biru Pasar Modal Indonesia”, Bapepam, Jakarta
DD. Damodaran, Aswath, 1996, “ Investment Valuation : Tolls and Techniques for determinating the value of any asset”, Universsity edition, John Wiley and Sons, New York.
EE. Elton, EJ., and Gruber,M.J., 1991, “ Modern Portofolio Theory and Investment Analysis”’ John Wiley and Sons
FF. Gritman, L.J., and Joehn, M.D., 1996, “Fundamental of Investing”, Sixth Edition, Harper Collins College Pblishers, New York.
GG. Harianto, Farid, dan Sudomo, Siswanto., 1998 “ Perangkat dan Teknik Analisis Investasi”, Bursa efek Jakarta, Jakarta
HH. John, C.P., 1994, “ Investmen Analysis and Management”, John Wiley and Sons, New York.
II. Purba, Victor, 2000, “ Perkembangan dan Struktur Pasar Modal Indonesia Menuju Era AFTA 2003”, Edisi Pertama, Badan Penerbit Fakultas Hukum Universitas Indonesia.
JJ. Reuters, 1999, “ An Introduction to Derivatives”, John Wiley and Sons, New, Singapore.
KK. Suta, I Putu Ary, 2000, “ Menuju Pasar Modal Modern”, Yayasan SAD Satria Bhakti, Jakarta.
LL. Usman, Marzuki, 1998, “ Buku Panduan Indeks BEJ”, Devisi Risert dan Pengembangan PT. Bursa Efek Jakarta, Jakarta.
MM. Bank Indonesia, sebuah pengantar, Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan, Agustus 2004
NN. Undang-undang Republik Indonesia nomor 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2004
OO. Laboratorium IPS.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar