Selasa, 06 Desember 2011

Silabus PKn Kelas XII

Dra. Dorah Maezenawati


SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XII
Semester : 1
Program Studi : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
Alokasi waktu : 16 x 45 menit
kOMPETENSI DASAR Materi Pembelajaran KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
1.1 Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka Pancasila sebagai ideologi terbuka
o Rumusan pancasila


o Fungsi Pancasila

o Pancasila sebagai dasar negara
o Pancasila sebagai ideologi terbuka • Mengkaji dari berbagai sumber (buku, nara sumber dsb.) tentang proses perumusan Pancasila sejak sidang BPUPKI sampai dengan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
• Menganalisis fungsi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
• Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai dasar negara

• Membandingkan ideologi terbuka dan ideologi tertertutup
• Menganalisis makna Pancasila sebagai ideologi terbuka • Mengemukakan rumusan Pancasila sebagai dasar negara




• Menguraikan fungsi Pancasila


• Mengemukakan makna Pancasila sebagai dasar negara

• Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
• Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka • Performance tes (tugas kelompok/ individu)
• Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)






4 X 45
















• Nugroho Noto-susanto (1983), Naskah Prokla-masi yang Otentik dan Rumusan Pan-casila yang Otentik, Jakarta: PN Balai Pusta-ka.


• Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945, amandemen I, II, III dan IV, Bandung: Citra Umbara



kOMPETENSI DASAR Materi Pembelajaran KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
1.2 Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
Nilai-nilai Pancasila
o Pancasila sebagai sumber nilai

o Pancasila sebagai paradigma pembangunan
• Mengkaji dari beberapa sumber pustaka tentang Pancasila sebagai sumber nilai
• Menganalisis Pancasila sebagai paradigma pembangunan. • Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai.



• Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan.

o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
2 X 45 • UUD 1945
• Buku-buku sumber yang relevan
• Buku pelajaran/paket
1.3 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
o Perilaku yang sesuai nilai- nilai Pancasila







o Sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideology terbuka
• Menganalisis berita di media elektronik (TV, internet dsb.) dan artikel dari media cetak (buku, koran, majalah dsb) sehingga dapat menunjukkan perilaku positif terhadap Pancasila

• Mengamati perilaku masyarakat lingkungannya yang sesuai dengan nilai Pancasila sebagai ideologi terbuka (contoh: berani mengemukakan pendapat/demonstrasi)

• Menunjukkan sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila









• Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.
o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi 2 X 45 • Media cetak dan media eletronik
• Buku-buku sumber yang relevan
• Buku pelajaran/paket


Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XII
Semester : 1
Program Studi : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
Standar Kompetensi : 2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan

kOMPETENSI DASAR Materi Pembelajaran KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
2.1 Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara Sistem pemerintahan
• Sistem pemerintah-
an Presidensial
dan Parlementer

• Ciri-ciri sistem pemerintahan Parlementer dan Presidensial. • Mengidentifikasi negara-negara yang menganut sistem Presidensial dan Parlementer
• Membandingkan dari berbagai aspek, negara-negara yang menganut sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
• Mendeskripsikan kekurangan dan kelebihan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer • Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara
• Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer


• Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
4 X 45 • Moh. Kusnardi., Harmaily Ibrahim (1993) Pengantar Hukum Tata Negara RI. FHUI.

• Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945, perubahan I, II, III dan IV










kOMPETENSI DASAR Materi Pembelajaran KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR JENIS PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
2.2 Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia sistem pemerintahan Negara Indonesia
o System pemerintahan menurut UUD 1945 awal kemerdekaan
o Sistem pemerintahan menurut UUD 1945 setelah adanya perubahan
• Mengkaji UUD 1945, dapat menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945 pada awal kemerdekaan
• Mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan • Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945.

• Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah perubahan o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
2 X 45 • Jimly ashieddieqy Sistem pemerintahan di Indonesia
• Buku- buku yang relevan
• Buku
pelajaran/paket dan pengayaan
2.3 Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain
Pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia
o Kelebihan sistem pemerintahan Indonesia
o Kekurangan sistem pemerintahan Indonesia
o Perbandingan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain

• Mengkaji berbagai buku, media cetak dan elektronik mengenai kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI
• Menanyakan kepada pejabat pemerintah di lingkungannya tentang kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan negara RI
• Mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain • Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia








• membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain
o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi



2 X 45 • Jimly ashieddieqy Sistem pemerintahan di Indonesia
• Buku- buku yang relevan
• Buku
pelajaran/paket dan pengayaan


Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XII
Semester : 2
Program Studi : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
Standar Kompetensi : 3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
Alokasi waktu : 14 X 45 menit
kOMPETENSI DASAR Materi Pembelajaran KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR JENIS PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
3.1 Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
Peranan Pers
o Pengertian pers
o Fungsi pers
o Peranan Pers
o perkembangan pers di Indonesia

• Mengkaji dari berbagai buku sumber mengenai pengertian dan fungsi pers
• Menganalisis peranan pers di Indonesia



• Menguraikan perkembangan pers di Indonesia


• Menguraikan pengertian, fungsi dan peranan pers dalam masyarakat yang demokr atis


• Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia
o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi



2 X 45


• UU Pers
• UU kemerdekaan mengeluar-kan pendapat
• Masduki, kebebasan pers dan Kode etik jurnalisti
• Buku- buku yang relevan
• Buku pelajaran/
paket dan pengayaan










kOMPETENSI DASAR Materi Pembelajaran KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR JENIS PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
3.2 Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
kode etik jurnalistik
o Kode etik
o Upaya-upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers
• Mengkaji Undang-undang, buku, sumber lainnya tentang kode etik jurnalistik

• Menguraikan kode etik jurnalistik yang berlaku dalam masyarakat demokratis di Indonesia

• Mengidentifikasi upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers di media cetak dan elektronik


• Mendeskripsikan kode etik jurnalistik
• Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
• Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan pers
o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi



2 X 45
• UU Pers
• UU kemerdekaan mengeluar-kan pendapat
• Masduki, kebebasan pers dan Kode etik jurnalisti
• Buku- buku yang relevan
• Buku pelajaran/
paket dan pengayaan
3.3 Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
Kebebasan pers dan dampaknya
o Dampak dari penyalahgunaan kebebasan pers/media massa

o Manfaat media massa dalam kehidupan sehari-hari. o Mengkritisi berbagai berita, artikel dari media cetak dan elektronik yang tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik
o Menganalisis dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat Indonesia

o Mendeskripsikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia • Menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa/ pers.






• Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi



2 X 45 • UU Pers
• UU kemerdekaan mengeluar-kan pendapat
• Masduki, kebebasan pers dan Kode etik jurnalisti
• Buku- buku yang relevan
• Buku pelajaran/
paket dan pengayaan

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XII
Semester : 2
Program Studi : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
Standar Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi

kOMPETENSI DASAR Materi Pembelajaran KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR JENIS PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
4.1 Mendeskripsikan proses, aspek, dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Globalisasi
o Proses dan aspek globalisasi
o Dampak-dampak globalisasi o Mengkaji proses dan aspek globalisasi dari berbagai media cetak dan elektronik
o Menganalisis dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara • Mengemukakan proses dan aspek globalisasi



• Mendeskripsikan dampak globalisasi

o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi



2 X 45




o Media cetak dan eletkronik tentang Globalisasi

o Buku-buku yang berkaitan tentang globalisasi (paket dan pengayaan)













kOMPETENSI DASAR Materi Pembelajaran KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR JENIS PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
4.2 Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia o pengaruh globalisasi dalam bidang :
o ekonomi
o social budaya
o politik
o Hankam


o Pengaruh negara lain yang dirasakan Indonesia o Mengkaji dari berbagai media cetak dan elektronik tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa Indonesia dalam bidang POLEKSOSBUDHANKAM



o Menganalisis contoh-contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia • Mendeskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara







o Menunjukkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi 2 X 45 o Media cetak dan eletkronik tentang Globalisasi

o Buku-buku yang berkaitan tentang globalisasi (paket dan pengayaan)
4.3 Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia
o implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia
o Sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi o Menganalisis implikasi globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia




o Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi dan menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi.
• Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi





• Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi.
o Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
o Skala sikap 2 X 45
o Media cetak dan eletkronik tentang Globalisasi

o Buku-buku yang berkaitan tentang globalisasi (paket dan pengayaan)



kOMPETENSI DASAR Materi Pembelajaran KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR JENIS PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
4.4 Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia tulisan tentang globalisasi
o Langkah-langkah penulisan ilmiah
o Sistematika penulisan
o Presentasi karya tulis
o Meresensi berita/artikel dari beberapa buku, surat kabar, media elektronik tentang pengaruh globalisasi terhadap kehidupan bangsa dan negara Indonesia
o Menyusun tulisan ilmiah tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia
o Mempresentasikan hasil tulisannya di depan kelas dan dikritisi oleh teman-temannya • Meresensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara







• Mempresentasikan resensi tulisan tentang pengaruh globalisasi o Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Presentasi



2 X 45 o Media cetak dan eletkronik tentang Globalisasi

o Buku-buku yang berkaitan tentang globalisasi (paket dan pengayaan)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar