Agus Subandi,Drs.MBA
SILABUS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Program : X / Ilmu Sosial
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber / Bahan / Alat
Metode Bentuk
1.1
1.2
1.3
Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan.
Mendiskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
Mendiskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial .
Mendifinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode
Mendiskripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial
Mengidentifikasi data tentang realita sosial masyarakat
Menjelaskan niilai dan norma.
Membedakan nilai dan norma
Menjelaskan peran nilai dan norma dalam masyarakat
Mengklasifikasi kan kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
Mendifinisiikan interaksi sosial dan dinamika sosial
Menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial.
Menghubungan antara interaksi sosial dan keteraturan sosial.
• Sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat.
• Nilai dan norma
• Interaksi sosial dan dinamika
sosial .
Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang konsep dasar dan metode sosiologi menurut para ahli.
Secara kelompok mendiskusikan konsep dasar dan metode sosiologi
Secara kelompok mendiskusikann masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari – hari
tentang hubungan berbagai konsep realitas sosial .
Secara individu menggali informasi melalui media massa tentang realitas sosial masyarakat.
Secara individu mengungkapkan kembali hasil temuannya tentang realita sosial.
Secara individu menggali informasi tentang pengertian nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat
Secara individu dapat membedakan antara nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat
Secara kelompok mendiskusikan tentang peran nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyrakatat
Secara kelompok berdiskusi tentang kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Merumuskan solusi dalam penanganan pelanggaran nilai dan norma
Secara individu menggali informasi dari berbagai reverensi perpustakaan tentang interaksi sosial dan dinamika sosial
Menyimpulkan temuan pustaka tentang interaksi sosial dan dinamika sosial
Secara kelompok mendiskusikan kartu kasus yang sudah disiapkan guru.
Secara klasikal merumuskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi dan dinamika sosial.
Secara individu mengungkapkan pengalaman berinteraksi sosial dalam masyarakat.
Secara individu menerapkan pola-pola interaksi untuk terbentuk keteraturan sosial.
Tugas indiv,
kelompok.
Tugas kelompok
Tugas individu
Ulangan
Tugas indufidu
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Ulangan
Tugas individu
Tugas kelompok
Tugas
Individu
Tugas kelompok
Ulangan
Performan
Resume
Laporan diskusi
Performen dan kliping
Uraian
Fortofolio
Laporan singkat
Laporan singkat
Kuis
Uraian
Portofolio
Performan
Kuis
Performan
Laporan
PG dan Uraian singkat
4 jam
4 jam
2 jam
2 jam
4 jam
4 jam
2 jam
2 jam
4 jam
2 jam
2 jam
2 jam
2 jam
Sosiologi Jilid I, II, Paul B. Horton
Kamus Sosiologi
Pengantar sosiologi, Kamanto Sunarto,
FE U.I. 2000
Media Cetak / media elektronik .
Sosiologi pengantar Kamanto
Pengantar Sosiologi
Soerjono Soekamto .
Artikel dari koran dan internet
Gambar , Foto , CD
Masyarakat setempat .
Data instansi / lembaga.
Sosiologi 1, uatu pendekatan baru, Kusmono Hadi ,PT Piranti.,
Sosiologi 1 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi Yudhistira.
Sosiologi 1KBK, Janu M , Grafindo
SILABUS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Program : X / Ilmu Sosial
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi : Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian.
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber / Bahan / Alat
Metode Bentuk
2.1
2.2
2.3
Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian.
Mendiskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap – sikap anti sosial .
Menerapkan aturan – aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat .
Mendifinisiikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian .
Menghubungkan pembentukan kepribadian dengan kebudayaan
Mendiskripsikan hubungan sosialisasi dengan kepribadian .
Mengidentifikasi-kan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna
Mengklasifikasi jenis – jenis perilaku menyimpang
Mendiskripsikan cara – cara untuk -menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang .
Mengidentifikasi Jenis – jenis lembaga pengendalian social.
Mendiskripsikan berbagai cara pengendalian social
Mendiskripsikan akibat tidak berfungsinya lembaga sosial .
Mendifinisikan aturan – aturan
sosial dalam kehidupan masyarakat
.
• Sosialisasi dan pembentukan kepribadian
• Perilaku menyimpang .
• Aturan – aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat .
Secara individu mengamati proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian di lingkungan terdekat.
Secara individu menceritakan hasil pengamatan tentang proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.
Secara kelompok mendiskusikan tentang pembentukan kepribadian dengan kebudayaan
Secara kelompok mendiskusikan hubungan sosialisasi dengan pembentukan kepribadian.
Secara individu menggali informasi melalui data – data kepustakaan dan media massa tentang prilaku menyimpang
Secara individu mengamati perilaku menyimpang yang terjadi di masyarakat sekitar
Secara individu megungkapkan kembali hasil pengamatan yang di dapat di masyarakat sekitar.
Secara kelompok mendiskusikan jenis – jenis perilaku menyimpang
Secara kelompok diskusi untuk menyimpulkan solusi yang tepat untuk menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang .
Secara klasikal menggali informasi melalui kajian yang terjadi di masyarakat tentang pengendalian sosial
Secara klasikal mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan tentang jenis-jenis lembaga pengendalian sosial yang ada di masyarakat.
Secara kelompok menggali informasi melalui wawancara dengan guru BK, Kepala Sekolah, Pembina Kesiswaan tentang cara-cara pengendalian sosial
Secara klasikal mendiskusikan peran guru BK, Kepala Sekolah, Pembina Kesiswaan dalam cara menangani kasus di sekolah.
Bekerjasama antar siswa untuk menyimpulkan solusi yang paling tepat dalam cara pengendalian sosial yang terjadi di sekitar sekolah.
Secara individu memberikan opini atau ulasan tentang akibat tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial.
Secara klasikal melalui ulasan tentang tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial
Secara individu melalui wawancara dengan RT, RW tentang aturan – aturan sosial dalam kehidupan masyrakat.
Secara klasikal melalui ulasan tentang hasil wawancara melalui RT, RW tentang aturan-aturan sosial dalam kehidupan masyarakat.
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
Tugas individu
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Ulangan
Tugas individu
Tugas
Indvidu/
Kelompok
Tugas individu
Tugas individu
Ulangan
Lembar pangamatan
Performen
Laporan diskusi
PG dan Uraian
Performrn dan laporan hasil pengamatan
Laporan
Kuis
Laporan
PG dan Uraian
Resume
Performen
Portofolio
Laporan
Performan
Resume
Performan
Laporan
PG dan Uraian
6 jam
4 jam
2 jam
6 jam
4 jam
2 jam
2 jam
2 jam
4 jam
2 jam
2 jam
2 jam
Sosiologi 1, Suatu pendekatan baru, Kusmono Hadi Sosiologi 1 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi
Sosiologi 1 KBK, Janu M, Grafindo
Sosiologi 1, Suatu pendekatan baru, Kusmono Hadi, Piranti
Sosiologi 1 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi
Sosiologi 1 KBK, Janu M, Grafindo
Sosiologi pengantar Kamanto S
Sosiologi SMA Idiantoro
Airlangga
Sosiologi 1, Suatu pendekatan baru, Kusmono Hadi, Piranti
Sosiologi 1, Suatu pendekatan baru, Kusmono Hadi Sosiologi 1 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi
Sosiologi 1 KBK, Janu M, Grafindo
SILABUS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Program : X1 / Ilmu Sosial
Semester : I (Satu)
Standar Kompetensi : Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial .
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber / Bahan / Alat
Metode Bentuk
1.1
1.2
1.3
Mendiskripsikan bentuk – benruk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat .
Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat .
Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.
Mendiskripsikan
diferensiasi social
Mendiskripsikan stratifikasi social
Mengidentifikasi deferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis , agama dan jender.
Mengidentifikasi macam-macam kriteria stratifi- kasi sosial di masyarakat.
Mendiskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat.
Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat
Mengidentifikasi berbagai konflik dalam masyarakat
Membedakan konflik dengan kekerasan
Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat
Membedakan jenis-jenis mobilitas sosial.
Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial
Mengidentifikasi
dampak mobilitas social
• Struktur social
Diferensiasi dan statifikasi sosial.
• Konflik Sosial .
• Hubungan antara srtuktur social dengan mobilitas social .
Secara individu mengamati deferensisasi sosial dalam kehidupan masyarakat.
Secara individu mengamati stratifikasi sosial dalam kehidupan masyarakat.
Secara kelompok mendiskusikan diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama dan jender
Secara kelompok mendiskusikan macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat.
Secara klasikal mendiskusikan berbagai pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat
Secara individu menggali informasi melalui pengamatan tentang konsolidasi dan interseksi yang ada di dalam masyarakat
Secara individu mengklasifikasikan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat
Secara kelompok mengkaji contoh kasus konflik yang terjadi di masyarakat
Berdiskusi secara kelompok untuk mengklasifikasikan berbagai konflik dalam masyarakat
Secara klasikal mendiskusikan konflik dan kekerasan
Secara individu menyimpulkan hasil diskusi tentang konflik dan kekerasan.
Secara klasikal mengkaji sebab-sebab terjadinya konflik di masyarakat
Secara kelompk mensimulasikan sebab – sebab terjadinya konflik dalam masyarakat
Secara klasikal mengamati Visual tentang hubungan struktur sosial dengan mobilitas sosial.
Mendiskusikan secara kelompok tentang hasil pengamatan Visual.
Menyimpulkan hasil diskusi dari visual tentang hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial
Secara individu mengkaji dampak mobilitas sosial pada kehidupan masyarakat kota melalui visual yang ditayangkan.
Secara individu mengungkapkan dalam bentuk tulisan tentang dampak mobilitas sosial.
Tugas individu
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Tugas individu
Ulangan
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Ulangan
Tugas individu
Tugas idividu
Ulangan
Portofolio
Laporan tertulis
Laporan hasil diskusi
Laporan
Portofolio
PG dan Uraian
Laporan
Performen
Bermain peran
PG dan Uraian
Portofolio
Portofolio
PG dan uraian singkat
4 jam
4 jam
4 jam
4 jam
2 jam
2 jam
6 jam
6 jam
4 jam
2 jam
10 jam
4 jam
2 jam
Buku Yudhistira Kelas X
Buku Yudhistira Kelas XI
Buku Yudhistira Kelas X
Buku Yudhistira Kelas XI .
Buku Yudhistira Kelas X
Buku Yudhistira Kelas XI
Buku Yudhistira Kelas X
Buku Yudhistira Kelas XI
Buku Yudhistira Kelas X
Buku Yudhistira Kelas XI
SILABUS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Program : X1 / Ilmu Sosial
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi : menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural .
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber / : Bahan / Alat
Metode Bentuk
2.1
2.2
2.3
Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural .
Mengidentifikasi ciri – ciri masyarakat .
multikultural.
Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terbentuknya masyarakat multikultural.
Mendiskripsikan keaneka ragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur .
Menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial
Menjelaskan dengan contoh kasus keaneka -ragaman kelompok sosial.
• Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Secara individu menggali informasi melalui studi kepustakaan dan media massa tentang masyarakat multikultural
Secara kelompok merumuskan pengertian dan ciri-ciri masyarakat multikultural.
Secara kelompok membuat tulisan melalui studi pustaka tentang keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur.
Secara klasikal mendiskusikan hasil tulisan tentang keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur.
Secara klasikal menguraikan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial
Secara individu mengungkapkan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial.
Secara individu mengemukakan gagasan dalam penangan kasus yang diakibatkan dari keanekaraman kelompok sosial.
Tugas individu dan kelompok
Tugas kelompok
Tugas individu
Ulangan
Tugas individu
Ulangan
Performan
Laporan
Portofolio
PG dan Uraian
Portofolio
PG dan uraian
4 jam
20 jam
10 jam
5 jam
2 jam
14 jam
2 jam
Lauper Robert H 1989
Presfektif tentang perubahan sosial budaya
Sosiologi pengantar Kamanto S
Sosiologi SMA Idiantoro
Airlangga
Sosiologi 2 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi
Sosiologi 2 KBK, Janu M, Grafindo
SILABUS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Program : XII / Ilmu Sosial
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : Memahami dampak perubahan sosial .
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber / : Bahan / Alat
Metode bentuk
1.1
1.2
Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat .
Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat .
Mendeskripsikan bentuk-bentuk perubahan sosial
Memberikan contoh faktor pendorong
Perubahan sosial
Mengidentifikasi faktor-faktor penghambat perubahan sosial
Memberi contoh kasus dampak perubahan sosial
Mengidentifikasi tantangan globalisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa.
Mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa
• Perubahan sosial
• Dampak perubahan sosial
Secara individu mencari contoh kasus di masyarakat tentang perubahan sosial.
Secara klasikal menggolongkan bentuk-bentuk perubahan sosial sesuai kasus yang di peroleh dari masyarakat
Secara individu mencari contoh kasus tentang faktor pendorong perubahan sosial.
Secara klasikal menguraikan tentang faktor pendorong perubahan sosial
Secara individu mencari contoh kasus tentang faktor penghambat perubahan sosial.
Secara klasikal menguraikan tentang faktor pennghambat perubahan sosial
Secara individu melakukan pengamatan perkembangan IPTEK , pendidikan , sistem pemerintahan dll, sebagai dampak perubahan sosial.
Secara klasikal menguraikan hasil pengamatan dari kasus dampak perubahan sosial.
Secara kelompok mendiskusikan contoh – contoh globalisasi.
Secara kelompok mengklasifikasi contoh-contoh globalisasi yang dapat mengancam eksistensi jati diri bangsa.
Secara individu mengkaji kasus yang dapat menghambat terjadinya integrasi.
Secara individu mengemukakan gagasan untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa melalui analisa kasus.
Secara klasikal menyimpulkan cara-cara untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa.
Tugas
Individu
Tugas individu
Tugas individu
Ulangan
Tugas individu
Tugas kelompok
Tugas individu
Ulangan
Uraian
Uraian
Uraian
PG dan Uraian
Portofolio
Laporan
Performan
PG dan Uraian
8 jam
6 jam
4 jam
2 jam
6 jam
4 jam
2 jam
2 jam
Sosiologi pengantar Kamanto
Sosiologi SMA Idiantoro
Airlangga
Sosiologi 2 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi
Sosiologi 2 KBK, Janu M, Grafindo
Sosiologi SMA Idiantoro
Airlangga
Sosiologi pengantar Kamanto
SILABUS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Program : XII / Ilmu Sosial
Semester : 1(Satu)
Standar Kompetensi : Memahami lembaga sosial .
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber / : Bahan / alat
Metode Bentuk
1.1
1.2
1.3
Menjelaskan hakekat lembaga sosial .
Mengklasifikasi tipe– tipe lembaga sosial.
Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial .
Menjelaskan pengertian lembaga sosial
Menjelaskan proses pembentukan lembaga sosial
Mengidentifikasi tipe– tipe lembaga sosial
Menguraikan hubungan antar lembaga sosial
Menguraikan peran dan fungsi lembaga keluarga, agama, pendidik- an, politik-ekonomi
• Lembaga sosial.
Secara individu menggali informasi melalui data kepustakaan atau media massa tentang lembaga sosial.
Secara individu menceritakan hasil pengamatan tentang pembentukan lembaga sosial.
Secara kelompok melakukan kunjungan kelembaga politik (Parpol) dan ekonomi (Bank/koperasi)
Secara kelompok mengungkapkan peran dan fungsi lembaga politik dan ekonomi yang dikunjungi.
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
Performan
Laporan kelompok
PG dan Uraian
8 jam
10 jam
2 jam
Sosiologi 1 Suatu pendekatan baru, Kusmono Hadi
Sosiologi 1 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi
Sosiologi 1 KBK, Janu M
SILABUS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Program : XII / Ilmu Sosial
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi : Mempraktikkan metode penelitian sosial .
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber / : Bahan / alat
Metode Bentuk
1.1
1.2
1.3
Merancang metode penelitian sosial secara sederhana .
Melakukan penelitian sosial secara sederhana.
Mengkomonikasikan hasil penelitian sosial secara sederhana .
Merumuskan rancangan penelitian sosial secara sederhana.
Melaksanakan penelitian social secara sederhana.
Membuat laporan penelitian social secara sederhana.
Mempresentasikan hasil penelitian social secara sederhana.
• Penelitian sosial .
Seacara kelompok mengidentifikasi kasus sosial budaya sebagai bahan penelitian.
Secara kelompok merumuskan rancangan penelitian, metode, mengumpulkan dan pengolahan data hasil penelitian sosial.
Secara kelompok membuat laporan hasil penelitian
Secara kelompok mempresentasikan laporan hasil penelitian.
Tugas kelompok
Ulangan
Laporan dan presentasi
PG dan Uraian
34 jam
2 jam
Buku yang relevan dan internet
Metode penelitian , Suwarsini
Pengantar sosiologi, Komansi Sunarto,
FE U.I. 2000
Media Cetak
Hasil-hasil penelitian, skripsi, laporan, karya tulis, Tesis.
C O T O H
S I L A B U S
MATA PELAJARAN
SOSIOLOGI
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAM MENENGAH
DIREKTORAT PEMBINAAN SMA
2006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar